Close

21/11/2017

Error 99 pada Motherboard MSI

Bagi kalian pemilik atau pengguna motherboard merk MSI, pernahkan kalian mengalami error 99? Error 99 adalah ketika kalian menghidupkan PC, lalu tidak ada tampilan apa-apa di monitor selain nomer 99 di pojok kanan bawah monitor.

Gejala seperti itu dikenal dengan nama Error 99, dan biasanya dialami oleh pengguna Motherboard MSI. Apa yang menyebabkan error 99 tersebut? biasanya error 99 disebabkan karena terjadi kesalahan input/output (I/O) pada motherboard. Kesalahan I/O tersebut bisa saja berasal dari slot dan colokan input seperti USB, SATA, dll. Terduga utama adalah I/O yang berasal dari USB.

Jika kalian mengalami error 99, jangan panik, lakukan langkah berikut:

  1. Lepaskan semua perangkat USB yang terhubung pada motherboard sebelum booting. Biasanya, mouse, keyboard, printer, HDD ext, dsb. Lepaskan semua.
  2. Colok keyboard dan mouse, jika Anda menggunakan keyboard dan mouse PS/2, atau jika Anda menggunakan keyboard dan mouse USB, coba pasang, dan hidupkan PC
  3. Jika hanya menggunakan Keyboard atau mouse USB PC Anda sukses booting, maka bisa dipastikan masalah berasal dari perangkat USB lain seperti printer, scanner, dll.
  4. Jika masih terdapat error 99, coba ganti slot USB, hubungkan keyboard dan mouse pada slot USB lain. Error 99 bisa juga terjadi karena slot USB pada motherboard rusak atau konslet.
  5. Coba satu-persatu slot USB pada motherboard, identifikasi slot mana yang tidak berfungsi (error 99) ketika booting.
  6. Jika semua cara masih tidak berhasil, coba clear CMOS motherboard. Dan jika clear CMOS juga tidak berhasil, maka kemungkinan besar motherboard Anda sudah rusak/konslet.

Demikian tips singkat ini, semua bermanfaat

 

ZalPC