Close

14/07/2017

Memilih Mining Pool

Oke, banyak yang bertanya pada saya, sebenernya bagaimana cara memilih mining pool yang baik. Memilih mining pool sebenarnya gampang gampang susah, yang jelas, pertama kita harus tahu kemampuan hashrate dari hardware mining kita.

Mining cryptocurrencies bisa diibaratkan seperti memancing. Jika kita punya alat pancing yang kecil, kecil kemungkinan bisa mendapatkan ikan yang besar di kolam yang besar atau di laut. Untuk memancing ikan yang besar di laut, kita harus punya alat pancing yang besar atau memadai juga.

Ada beberapa pertimbangan untuk memilih mining pool:

1. Hashrate hardware mining yang kita punya
2. Hashrate pool (pool speed)
3. Sharediff pool
4. Pembayaran Pool


HASHRATE HARDWARE MINING

Tentunya poin ini Anda sudah harus paham dan mengetahui betul, berapa kemampuan hashrate hardware mining yang Anda miliki. Hashrate setiap alogaritma koin berbeda beda. Hardware Anda bisa saja mempunyai hashrate yang bagus untuk mining koin A, tetapi jelek untuk mining di koin B.

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa mencoba sendiri, dan membandingkannya. Atau cari referensi dari luar, misal dari Google. Informasi tersebut akan menjadi acuan koin apakah yang cocok untuk hardware anda.

 


HASHRATE POOL / POOL SPEED

Suatu mining pool bisa dikatakan besar apabila mempunyai rasio hashrate pool (pool speed) yang besar dibandingkan dengan hashrate network (speed) koin itu secara global.

Sebagai contoh, perhatikan gambar berikut

 

Moneropool hashrate

Itu adalah screen capture dari mining pool Moneropool (untuk koin XMR, Monero)

Perhatikan lingkaran merah. Network speed/hash untuk koin XMR (Monero) adalah 121,23 Megahash/detik. Sekarang perhatikan lingkaran biru, speed/hash untuk pool Moneropool adalah 2,57 Megahash/detik. Jadi bisa dikatakan, speed Moneropool terhadap speed keseluruhan XMR tidak begitu bagus.

Kenapa ini penting untuk diperhatikan? karena speed pool akan mempengaruhi seberapa seringnya pool tersebut menemukan blok, yang akan mempengaruhi seberapa seringnya miner mendapatkan bayaran. Lihat saja, dibawah lingkaran biru tertulis “Block Found: about 6 hours ago”, Pool Moneropool menemukan blok kira-kira 6 yang lalu. Miner mendapatkan bayaran ketika pool tersebut menemukan blok.

Sekarang perhatikan screencapture pool Minergate untuk XMR

Seperti yang dijelaskan tadi, lingkaran merah adalah speed network untuk koin XMR secara keseluruhan, yaitu sekitar 122 Megahash/detik. Sedangkan lingkaran biru adalah speed pool Minergate itu sendiri, yaitu 25,98 Megahash/detik.

Dari perbandingan diatas, bisa disimpulkan bahwa pool Minergate untuk XMR lebih bagus dibandingkan Moneropool dalam hal pool speed.

Tetapi untuk koin lain, belum tentu Minergate lebih bagus dibandingkan mining pool lain. Kembali lagi, kita harus melihat perbandingan speed pool itu sendiri.


SHAREDIFF POOL

Sharediff adalah Share Difficulty, tingkat kesulitan hardware miner untuk mengirimkan share. Sharediff ini berbeda dengan Network Difficulty.

Semakin kecil Sharediff pada suatu pool, maka semakin mudah untuk hardware miner anda mengirimkan share. Pilih Pool dengan Sharediff yang sesuai dengan hardware mining Anda. Biasanya setiap pool ada keterangan difficulty (starting difficulty).

Jika Anda mempunyai hardware yang minimal atau “pas-pas” an, maka Anda tidak akan mendapat hasil yang maksimal pada pool dengan Sharediff yang tinggi. Silahkan cari pool dengan Sharediff yang kecil supaya hardware anda dapat mengirim share dengan maksimal


PEMBAYARAN POOL

Kebanyakan mining pool akan mempunyai treshold atau batas minimal saldo yang akan dibayarkan.

Sebagai contoh, diatas adalah screencapture dari mining pool Flypool untuk Zcash (ZEC). Flypool mempunyai batas pembayaran minimal 0.001 ZEC, sedangkan standarnya adalah 0.01 ZEC, dan maksimal 10 ZEC.


Berdasarkan informasi-informasi diatas, Anda dapat memilah dan memilih mana mining pool yang cocok untuk Anda. Atau jika anda penasaran, silahkan coba sendiri satu-persatu pool, hingga Anda merasa cocok dan maksimal pada pool tertentu.

Sekian dulu tulisan ini, jika ada update terbaru akan saya tambahkan, dan jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan lewat kolom komentar.

Zal

Bagikan informasi ini..Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+