Close

blue-screen-memory_management-windows-10-pro-64-bit

Tanya JawabCategory: Softwareblue-screen-memory_management-windows-10-pro-64-bit
Aldi asked 3 months ago

saya mau bertanya, sblmnya spek pc saya
i5 7500
asrock h270
corsair dd4 2666 (2×4)
vga gtx 1060
ssd samsung evo 850  

kronologi : tanggal 3 kemarin saya mengupgrade driver VGA saya. besoknya saya pakai PC saya untuk menjalankan VLC untuk menonton film, kemudian terjadi bluescreen. kemudian saya berinisiatif untuk me-rollback driver VGA yg baru kemarin saya update. padahal sebelumnya setelah melakukan update VGA tidak pernah terjadi 1x pun bluescreen.
setelah saya rollback pada hari yg sama itu juga tgl 4 nya bluescreen tetap terjadi bahkan bisa sampai 7 – 8x dalam 1 hari. rata-rata kode eror yang banyak keluar itu mengenai \’Memory-management\’.
saya sudah mencoba untuk membersihkan memory RAM nya, dan ingin untuk menginstal ulang OS kembali. tapi yang terjadi, saat proses instalasi OS berjalan selalu saja bluescreen terjadi lagi di tengah proses tersebut.
pertanyaan saya, apakah ada file windows yg corrupt ? atau memory RAM saya rusak ? (tapi di system masih terbaca 8GB RAM) atau slot RAM yang ada di motherboard nya rusak ? mohon bantuan jawabannya, saya sampai bingung untuk menginstal ulang windows saja tidak bisa karena bluescreen terjadi terus

surya replied 1 month ago

masalahnya udah ketemu gan, saya juga mengalami hal yang sama setelah upgrade kabylake

thirteen − two =

8 Answers
Zal PC Staff answered 3 months ago

Kalau dari deskripsi dan gejalanya memang sepertinya terdapat kerusakan RAM. coba download dan jalankan memtest https://www.memtest86.com/
 
download memtest, lalu buat jadi usb bootable, dan jalankan memtest. Memtest akan mendeteksi kerusakan pada RAM, bila terdeteksi kerusakan pada RAM, harus ganti keping RAM.
silahkan dicoba dulu

18 − 9 =

aldi answered 3 months ago

maaf saya sudah coba cara yg mas kasih tapi tidak ada keterangan RAM saya mengalami kerusakan.
oh ya sblmnya saya sudah mengutak atik bagian folder windows/CBS.LOG karena dari kode BOSD yang saya dapat kemudian googleing itu katanya file CBS.LOG nya corrupt jadi saya mencoba untuk repair sendiri

three × 4 =

Zal PC Staff answered 3 months ago

Berarti mungkin tidak ada kerusakan RAM, dan kerusakan ada pada hal lain? Sekarang bagaimana progressnya? sudah bisa?

8 + seven =

aldi answered 3 months ago

saya bawa CPU saya ke tempat service komputer. barusan saya tanya lagi di cek hardwarenya. mengganti ram dan di coba instal OS di hard disk yg berbeda.

tapi apa iya hardwarenya yg rusak ? pemakaian biasa di rumah dan baru 7 bulan saya beli nya. kalao emang ada file windows yg corrupt seharusnya tidak sampai begini kah ?

15 − 4 =

Zal PC Staff answered 3 months ago

Memang jika ada file Windows yang corrupt seharusnya bisa di-install ulang. Jika sampai tidak bisa diinstall ulang, bisa dipastikan itu ada kerusakan hardware. Tersangka utama adalah RAM dan Harddisk, namun tidak menutup kemungkinan hardware lain.
 
Masalah umur, kadang tidak menjadi patokan. Kadang kita dapat hardware yang kualitasnya kurang baik, atau cacat (defective), terutama Harddisk yang juga banyak beredar harddisk rekondisi tapi dilabeli harddisk baru

19 − ten =

aldi answered 3 months ago

maaf bukan mksdnya mencela.
tapi kejadian yg saya alami benar2 aneh. simplenya hanya gara2 update driver VGA yg terbaru, langsung merembet kena kemana-mana. padahal sblmnya tidak pernah terjadi 1x pun blue screen setelah update driver vga tersebut.

ya mungkin jalan trakhirnya nanti saya coba untuk claim garansi, akan saya coba ke toko smua hardwarenya (kebetulan saya beli smua komponen di 1 toko komputer)

15 + 8 =

Zal PC Staff answered 3 months ago

Ya, coba dibawa ke toko tempat beli, ceritakan dan tunjukkan gejalanya. Kadang memang kejadian seperti itu terjadi. Saya pun sudah banyak mengalami gejala gejala yang tidak bisa dianalisa sebabnya.. mungkin saja pas update driver, kebetulan harddisk menulis di bad sector, jadi kena. atau yang lain.

14 − eight =

aldi answered 2 months ago

maaf mas saya mau tanya lagi.
untuk proc intel generasi kabylake (generasi 7) itu kan support speed ram sampe 2400mhz
kalo yg intel generasi skylake (generasi 6) itu support nya 2133mhz

kalau saya pakai mobo yg compitable dengan generasi 7 LGA 1151 seri H270 brarti kan bisa jalan memory di 2400mhz, nah kalau memory ram saya support sampai 2666mhz tapi saya jalankan di 2133 / 2400 seharusnya tidak ada masalah kan ya ?

4 + eighteen =

Your Answer

18 + 13 =

Bagikan informasi ini..Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+