Close

PC nyala tapi layar mati. Setelah 20 detik restart sendiri dan mati sendiri.

Tanya JawabCategory: HardwarePC nyala tapi layar mati. Setelah 20 detik restart sendiri dan mati sendiri.
MasGae asked 2 months ago

PC saya saat dihidupkan tidak muncul apa2 di layar monitor (no bootscreen) tapi PC nyala. Namun setelah kira2 20 detik PC restart sendiri. Setelah kira2 20 detik lagi PC saya mati sendiri.
Saat saya lihat, semua komponen menyala sewaktu dihidupkan (indikator kipas vga, kipas power supply, kipas processor berputar semua).
Dulu pernah dibawa ke toko komputer katanya mobo masalah. Kemarin mobo saya ganti baru (pasang sendiri) tapi tetap sama masalahnya.
Mohon bantuannya.. apakah power supply yg salah atau ke dua2 mobo saya memang rusak? (walau saya rasa mobo baru tak mungkin rusak sama spt mobo lama).
SPEC:
mobo lama = MSI Z77MA-G45
mobo baru = Colorful C.H61U Plus V29
Processor Intel core i3 lga 1155
VGA Nvidia MSI 550 GTX Ti
RAM Corsair Vengance 2x8GB
Hardisk SanDisk SSD Plus 120GB
PowerSupply Seasonic SS-650JT 650 Watts.

1 Answers
Zal PC Staff answered 2 months ago

Kalau masalahnya sama persis sebelum dan setelah ganti motherboard, memang kemungkinan besar tersangkanya di Power Supply. Coba ganti powersupply ke daya yang lebih besar, misal 700 watt keatas (walaupun 650 watt sudah lebih dari cukup)
 
masalah motherboard baru yang rusak? kenapa tidak? bisa saja terjadi lho. Apalagi misal power supplynya yang memang rusak, jadi mau ganti motherboard berapa kali pun, si motherboard akan rusak karena dikasi power supply yang rusak juga.. kemungkinan yang terjadi sih itu, motherboard konslet karena menerima daya yang tidak stabil dari powersupply.
 

Your Answer

11 + 4 =