Close

22/08/2017

Tutorial Memasang Iklan A-ads (Ngeblog dibayar dengan Bitcoin)

Bagi Anda yang mempunyai blog/situs web, mungkin tidak asing lagi dengan Google Adsense. Ya, Google Adsense adalah salah satu penyedia iklan untuk publisher (orang yang mempunyai blog/situs) untuk me-monetize konten situs kita melalui traffic situs/blog kita. Sebenarnya banyak alternatif selain Google Adsense.

Kali ini, saya akan memperkenalkan Anda pada Anonymous Ads atau a-ads. Apa istimewanya a-ads ini? a-ads adalah situs publisher/advertiser yang membayar kita menggunakan Bitcoin. Jika Anda mempunyai situs/blog yang mempunyai traffic pengunjung yang lumayan, tak ada salahnya mencoba me-monetize konten situs tersebut.

Pasang iklan dengan a-ads, lalu setiap pengunjung yang melihat dan meng-klik iklan tersebut (bahkan iklan hanya tampil, tidak di-klik saja tetap dibayar) kita akan mendapat bayaran berupa Bitcoin.

Juga entah kenapa dibandingkan dengan Google Adsense, saya merasakan pendapatan saya melalui a-ads ini lebih cepat dan lebih terasa “menghasilkan” dibandingkan dengan Google Adsense yang mempunyai minimal witdrawal $100.

Mari kita mulai langkah-langkahnya. Sekali lagi, ini adalah tutorial bagi anda yang mempunyai website/blog pribadi, yang mau mendapatkan penghasilan lebih melalui pasang iklan di web/blog Anda (publisher)

Anda memerlukan beberapa hal:
1. Situs web/Blog milik Anda pribadi tentunya. Konten bebas, asal bagus dan bisa menarik traffic pengunjung.
2. Wallet Bitcoin. Bisa menggunakan wallet bitcoin market mana saja, contoh market bitcoin.co.id atau Poloniex.

Oke, setelah Anda mempersiapkan kedua hal tersebut, mari kita coba membuat iklan di a-ads.com

a-ads.com

 

Untuk menjadi Publisher (orang yang mempunyai situs/blog yang akan dipasang iklan) kita tidak perlu mendaftar. Cukup klik menu “Earn”

Pada tab paling atas, ada 3 tab, “Site”, “App”, atau “Affiliate”. Kita pilih “Site”, karena kita akan memasang iklan pada situs/blog kita.

Pertama, kita pilih size atau ukuran iklan yang akan kita buat dan pasang di website/blog kita. Ada beberapa size iklan favorit yang biasanya disukai advertiser (pada pemasang iklan), seperti 250×250, 125×125, atau banner 720×90. Silahkan saja tentukan ukuran dan sesuaikan dengan space iklan di blog/web Anda. Contoh saya akan membuat vertical banner 160×600.

Lalu kita tentukan di situs/halaman mana iklan tersebut akan tampil. Jika Anda akan menampilkan iklan tersebut di beranda situs Anda, cukup masukan alamat situs Anda. Tetapi bisa juga spesifik pada halaman tertentu, seperti pada contoh diatas, saya meletakkan iklan tersebut spesifik pada halaman “Mining dengan Alogaritma Z-cash”

Lanjut Scroll kebawah, terdapat isian Filter Content

 

Filter Content adalah ceklist dimana kita bisa memilih jenis iklan apa saja yang boleh/tidak boleh tayang pada web/blog kita. Contoh diatas, saya ceklist “Disallow NSFW”, berarti saya TIDAK memperbolehkan konten-konten NSFW (Not Safe For Work) yaitu konten dewasa ataupun pornografi pada situs saya. Dibawahnya saya tidak ceklist “Disallow Gambling”, “Disallow Shady”, dan “Disallow Risky Investment”, yang berarti saya memperbolehkan konten yang tidak saya ceklist tersebut untuk tayang pada situs ini.

Perhatikan pada sisi ada perkiraan pendapatan per-mile dan per-klik. Perkiraan pendapatan ini berubah sesuai pilihan konten yang kita ceklist. Tiap jenis konten memiliki “tarif” nya masing masing.

Oke, lanjut scroll kebawah

Pada “Set Withdraw Parameter”, perhatikan ada 2 tab paling atas, “to user’s account”, dan “to bitcoin address”. Tab “to user’s account” digunakan untuk memasukan pendapatan iklan ke akun internal a-ads. Karena kita ingin dibayar menggunakan bitcoin, maka kita pilih tab “to bitcoin address”.

Masukan wallet bitcoin Anda pada kolom “Withdrawal address”. Ingat, periksa ulang alamat wallet bitcoin Anda, Jangan sampai salah, atau ada huruf/angka yang kurang.

Kalau kita perhatikan pada kolom “Withdrawal treshold in BTC” terdapat isian default 0.002 BTC. Setting tersebut adalah setting minimal jumlah bitcoin yang bisa di withdraw ke wallet Anda. Jadi pendapatan iklan akan terkumpul dulu pada a-ads, jika sudah mencapai 0.002 BTC keatas, maka OTOMATIS akan withdraw ke wallet Anda.

Tetapi diantara kedua kolom tersebut, ada ceklist “Withdraw to Faucet System (minimum withdraw is 1 satoshi)” ceklist itu digunakan jika Anda ingin pendapatan iklan Anda ditampung terlebih dahulu pada layanan micro-payment FaucetSystem.com

Semua withdrawal dilakukan otomatis oleh a-ads, yang berarti Anda tidak perlu melakukan apa-apa selain menunggu saldo iklan Anda cukup sampai batas minimal withdrawal, dan menunggu bitcoin Anda masuk ke wallet.

Saya pribadi lebih suka ceklist dan menampung pendapatan iklan pada FaucetSystem, karena bisa lebih cepat Withdrawal, kenapa? begini perbandingannya:

Jika Anda mempunyai banyak unit iklan, contoh diatas misalkan 3 unit iklan a-ads, jika menggunakan metode withdrawal langsung ke wallet, maka tiap unit iklan harus mengumpulkan minimal saldo sebesar 0.002 Bitcoin untuk dapat masuk ke wallet bitcoin Anda. Misal 1 unit iklan menghasilkan 0.0001 BTC per hari, maka, butuh 20 hari per-unit iklan untuk dapat mencapai saldo minimal withdrawal sebesar 0.002 BTC

Tetapi jika Anda memilih metode dengan FaucetSystem, maka berapapun pendapatan iklan Anda pada hari itu, akan masuk ke FaucetSystem, dan juga minimal saldo yang dibutuhkan pada FaucetSystem untuk withdrawal adalah 0.00015 BTC. Jadi misal 1 unit iklan perhari mendapat penghasilan sebesar 0.0001 BTC saja, maka 3 unit iklan akan menghasilkan saldo sebesar 0.0003 BTC yang langsung masuk ke FaucetSystem, dan pada esok hari OTOMATIS akan masuk ke wallet bitcoin Anda karena sudah diatas 0.00015 (minimal limit WD FaucetSystem)

Menarik bukan?

Silahkan pilih metode withdrawal (bisa diedit kemudian hari)

Oke lanjut isi captcha dan klik Create ad unit

Copy paste kode pada kolom “Please embed this HTML code into your site” pada website/blog anda, letakan kode tersebut pada widget/space kosong pada web Anda.

Sebagai contoh, diatas saya copas kode iklan kedalam salah satu widget sidebar pada situs ini.

Juga simpan Access Data dengan cara “Download as TXT” detail ad-unit Anda. Dalam detail ad-unit tersebut, terdapat nomer ad-unit, link untuk melihat status pendapatan, dan Password jika Anda ingin mengubah detail unit iklan Anda. klik “Download as TXT” untuk mendapatkan file notepad berisi detail ad-unit.

Lalu ceklist “I saved my text data” dan klik Ad Detail untuk melihat status unit iklan Anda.

Unit iklan Anda akan diverifikasi oleh a-ads, dan maksimal 1×24 jam akan segera tayang.

Ini contoh status unit iklan yang sudah tayang:

Tertera saldo yang telah didapat (Received from campaigns), hasil yang sudah pernah di withdraw (Withdrawn) dan saldo saat ini (Balance).

Untuk mengedit unit iklan, klik menu “Sign In”, lalu klik “Using Secret Code”. Copy Paste kode login (Password) dari file notepad yang telah Anda simpan tadi.

Jika Anda memilih metode withdraw melalui FaucetSystem, maka untuk mengecek saldo pada FaucetSystem, Anda bisa meng-klik link “completed” pada baris “Last withdrawal”, akan muncul jendela FaucetSystem Anda

“Total Paid” adalah total BTC yang sudah dibayarkan ke wallet, “Total Accumulated” adalah saldo pada FaucetSystem Anda saat ini, dan “Daily Income” adalah perkiraan pendapatan perhari. Scroll kebawah

Anda akan melihat hasil bukti withdrawal (Transaction ID) yang telah dibayar ke wallet bitcoin, juga ada kolom “Faucet Payout History” yaitu besaran setoran unit iklan ke FaucetSystem per hari yang telah disetorkan.

Semua Withdrawal yang dilakukan oleh FaucetSystem juga otomatis, Anda tidak perlu melakukan apa-apa selain memonitor saldo iklan anda, dan tunggu saldo bitcoin masuk ke wallet Anda.

Beberapa tips untuk memaksimalkan pendapatan Anda:

  1. Buat ad-unit (unit iklan) sebanyak mungkin, tapi pastikan dalam satu halaman hanya terdapat maksimal 3 atau 4 unit iklan saja. Karena jika dalam satu halaman terlalu banyak unit iklan, maka akan sia-sia, ada beberapa unit iklan yang tidak menghasilkan saldo. Letakkan unit iklan di halaman lain, atau widget lain pada situs/blog Anda.

  2. Buat konten situs web/blog Anda semenarik, bagus, dan orisinil mungkin, untuk dapat menjaring traffic pengunjung sebanyak-banyaknya. Maksimalkan SEO (Search Engine Optimization) misal, gunakan tag, atau keyword yang efektif.

  3. Iklan-kan situs/blog Anda, melalui tukar link/komen pada blog lain, atau forum, grup. dsb.

Sekian Tutorial ini, jika ada yang kurang atau belum jelas, silahkan tulis pertanyaan pada kolom komentar, atau gunakan Live Chat untuk bertanya. Selamat blogging!

 

Bagikan informasi ini..Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+