10 Tips dan Trick Terbaik di Youtube

Menurut Alexa, Youtube adalah halaman ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet yang berarti anda mungkin pernah mengunjungi halaman tersebut di masa lalu. Kiat dan trik ini membantu menjadikan pengalaman anda lebih menyenangkan dan jika mungkin menjadikannya produktif.

Yuk, langsung aja disimak:

Shortcut/Pintasan Keyboard di YouTube

YouTube memiliki beberapa pintasan keyboard/Shortcut yang dapat digunakan saat menonton Youtube. Pintasan keyboard seperti menekan tombol “spasi” hanya untuk sekedar memutar dan menjeda atau menggunakan tombol panah untuk memajukan dan memundurkan dengan cepat dapat membuat perbedaan besar saat di YouTube.

Bagikan Video Kapan Saja

Tidak semua orang ingin menonton video lengkap, menautkan pada lokasi persis yang membuat anda menemukannya pada pencarian yang paling menghibur, daripada membuat teman atau keluarga anda menonton video lengkap. Untuk melakukan ini, buka lokasi yang anda inginkan dan jeda video. Setelah dijeda klik kanan video dan pilih untuk mendapatkan URL video pada saat ini dan kemudian salin tautan yang dibuat.

From: Google.com

Atau, anda dapat menambahkan waktu secara manual dengan menambahkan “#t= XXmXXs” di akhir URL, di mana XXm adalah detik ke dalam video yang ingin anda mulai.

Untuk menautkan ke video 33 detik ke dalam video. Jika anda ingin menautkan 4 menit dan 20 detik ke dalam video, tambahkan #t4m20s ke akhiran URL. Atau anda dapat menggunakan hanya beberapa detik, jadi 4 * 60 (detik dalam satu menit) = 240 + 20 = 260 detik selama 4 menit dan 20 detik ke dalam video.

Cari Tahu apa yang Populer di YouTube

Youtube dapat menjadi tempat yang tepat untuk menemukan video paling populer karena popularitasnya. Kunjungi bagian Populer di YouTube untuk menemukan video populer terbaru, video musik yang baru saja dirilis, video lucu teratas, trailer terbaru, acara, dan masih banyak lagi.

Menambahkan Video ke Tonton Nanti

Terkadang banyak dari kalian yang tidak memiliki waktu yang benar-benar free untuk dapat menonton video yang sudah menarik mata anda. Atau mungkin anda hanya merasa tidak ingin menonton video berdurasi satu jam untuk saat ini.

Dibagian sudut kanan bawah setiap video terdapat tombol untuk membuat video tersebut dapat anda nonton nanti, yang nantinya akan menambahkan video tersebut ke daftar tonton nanti. Setelah anda merasa siap menonton video, atau jika anda menyimpan video untuk dibagikan kepada orang lain, anda akan dengan mudah menemukan video itu di Daftar Tonton Nanti.

 From: Google.com

            Bonus Tips: Masing-masing gambar mini video di YouTube juga                              menunjukan ikon Tonton Nanti saat melayang di atas gambar                                  mini video lho!

Manfaatkan bagian Filter Pencarian

YouTube biasanya bekerja dengan sangat baik untuk memberikan anda hasil pencarian, tetapi tidak selalu sempurna. Jadi, manfaatkan sepenuhnya pada bagian filter pencarian mereka dengan mengklik tombol “Filter” untuk mendapatkan daftar seperti ini. Di daftar filter, anda dapat mempersempit pencarian ketika video diunggah, panjang video, jumlah tayangan, dan juga fitur-fitur seperti HD (Definisi resolusi tinggi) dan 3D.

From: Google.com

Tonton Video secara langsung di YouTube

YouTube tidak hanya menampilkan video yang direkan sebelumnya, tetapi sekarang juga menampilkan YouTube Live, termasuk acara langsung, olahraga, berita game, musik, pendidikan dan masih banyak lagi.

Manfaatkan sepenuhnya alat/Tools yang disediakan pada YouTube

Tidak banyak orang yang tahu bahwa YouTube juga memiliki beberapa Alat/Tools yang telah disediakan oleh YouTube yang dapat membantu ketika membuat konten baru. Misalnya, editor YouTube memungkinkan anda untuk dapat mengedit video yang baru diunggah, membuat video, dan juga menyesuaikan pengaturan seperti kecerahan dan kontras, menggeser dan memperbesar, menstabilkan, gerakan melambat, dan juga rotasi. Alat lain yang termasuk pembuat tayangan slide, penangkapan YouTube/YouTube Capture, keterangan, perpustakaan audio, dan analitik YouTube.

Lewati batasan regional dan blok lainnya

Beberapa video mungkin memiliki batasan yang mencegahnya diputar di perangkat tertentu, diputar di wilayah tertentu atau batasan lain yang mencegah anda memutar video. Anda dapat melewati beberapa batasan ini dengan mengubahnya dengan cara URL dimasukan ke bagian alamat URL anda tersebut.

Memuat link URL ini untuk membuka video dalam layar penuh, tetapi karena cara memuatnya, banyak juga nih pembatasan YouTube terhadap video yang diabaikan.

Tetapkan Kualitas video Default

Tonton semua video dengan kualitas resolusi tinggi dengan menyesuaikan pengaturan anda untuk menggunakan kualitas terbaik. Untuk menyesuaikan pengaturan anda dengan klik ikon profil anda di sudut kanan atas bar YouTube lalu klik ikon roda bergerigi YouTube, seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini.

From: Google.com

Di pengaturan akun Youtube, Pilih putar ulang, lalu pilih “Selalu pilih kualitas terbaik untuk koneksi dan ukuran yang sedang dimainkan.” Jika anda memiliki koneksi internet lambat atau video YouTube sering buffer, pilihlah opsi ” Saya memiliki koneksi lambat.” Jangan pernah memutar video berkualitas yang lebih tinggi.

Cara Alternatif untuk Menonton YouTube

Ada banyak cara untuk menonton YouTube sampai pada hari ini. Sebagian besar seperti Smart TV bahkan sudah memiliki aplikasi yang memungkinkan anda untuk dapat menonton video YouTube di TV menggunakan remote anda. Bagi mereka yang tidak memiliki Smart TV atau memiliki Smart TV tetapi tidak suka jika pengetikan untuk dilayar menggunakan remote (tidak mudah mengetik di remote), ada juga solusi lain nih.

From: Google.com

Metode favoti saat ini ketikan anda menonton YouTube di TV ialah dapat juga menggunakan bantuan Google Chromecast. Chromecast memungkinkan anda atau siapa pun dengan Smart Phone atau bahkan komputer dan laptop untuk dapat menonton video YouTube pada TV anda hanya dengan mengklik tombol. Chromecast adalah solusi termudah untuk dapat menonton video ke TV anda, dan anda dapat sekaligus mengetikan apa pun dari ponsel atau komputer anda atau bahkan menggunakan suara anda untuk mencari berbagai macam video, alih-alih hanya dengan menggunakan remote TV anda.

Semoga informasi yang tidak terlalu banyak ini dapat menambah ilmu kalian ya!

 

Source Inpiration: https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-3106722/cara-mudah-kontrol-youtube-dari-keyboard

 

Mini Profile:

Nama Penulis: Nurul Hadiyati (Nunu)

Umur: 23 Tahun

Mahasiswi: Jurusan Sastra Inggris

Tinggal: Bandung