Aplikasi Rakit PC Android

Buat sebagian orang, baik pemula maupun tingkat lanjut, membeli dan merakit PC/Komputer itu memang masih menjadi sebuah tantangan tersendiri. Baik dari spesifikasi apa yang kita butuhkan, perencanaan bujet, atau pun dari segi kompatibilitas antar komponen.

Banyak orang yang berkonsultasi dengan saya tentang spesifikasi apa yang mereka butuh, dan terutama soal bujet dan kompatibilitas. Untuk itu, saya akan mengupas sebuah aplikasi smartphone Android yang biasa saya pakai dalam “meracik” rakitan komputer dan memperkirakan total bujet.

Aplikasi itu bernama “Rakit PC”. Ya, seperti namanya, aplikasi ini sangat membantu jika ingin merakit komputer. Bagi pengguna smartphone Android, silahkan cari dan unduh aplikasi ini pada Play Store.

Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh NarudoRe, developer asal kota Bandung, jika melihat dari keterangan di Play Store. Dengan rating Play Store 4.6, aplikasi ini mendapat review yang bagus dari penggunanya.

Yang menarik menurut saya disini adalah konsep dan tujuan aplikasi ini. Aplikasi Rakit PC ini memang bertujuan untuk membantu kita merencanakan rakitan PC. Rakit, simpan, dan bagikan, tiga kata itu sudah sangat mewakili tujuan aplikasi ini. Untuk pe-hobi dan teknisi seperti saya, itu sudah lebih dari cukup ketika ada orang berkonsultasi dengan saya mengenai spesifikasi yang akan dibeli. Saya bisa merakit di aplikasi ini, saya simpan, lalu saya bagikan ke orang tersebut.

Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi ini, kita dapat langsung merakit spesifikasi PC dengan cara klik tombol + di pojok kanan bawah

Pertama-tama, kita harus memilih platform apa rakitan PC kita, apakah Intel atau AMD. Pilihan soket prosesor lengkap baik Intel maupun AMD. Jika kita memilih misal, soket Intel LGA 1151, maka otomatis pilihan motherboard sudah disesuaikan dengan motherboard yang support soket LGA 1151, jadi kita tidak perlu repot memikirkan apakah motherboard pilihan kita sudah support soket prosesor tersebut.

Contoh diatas saya coba merakit komponen dasar, prosesor, motherboard, VGA dan RAM. Semua komponen sudah dilengkapi dengan perkiraan harga bulan Mei 2018. Harga tersebut diambil dari list harga beberapa toko di Jakarta.

Walaupun update harga sudah hampir 3 bulan lalu, menurut saya ini masih wajar. Karena harga komputer memang tidak terlampau jauh fluktuasinya. Lagipula ini hanya perkiraan harga. Mungkin kedepannya bisa dibuat update harga yang lebih dekat lagi, misal satu bulan terakhir.

Juga di pojok kanan atas terdapat perkiraan konsumsi daya. Ini juga hanya perkiraan. Untuk memilih power supply, sebaiknya kita memilih power supply diatas kebutuhan daya perangkat, supaya lebih awet dan tidak terlalu overload (PSU bekerja maksimal pada 80% load)

Setelah selesai merakit, kita bisa klik tombol bergambar Floppy Disk di pojok kanan atas untuk menyimpan rakitan kita.

Dari list rakitan yang sudah kita simpan, kita bisa bagikan ke email, WhatsApp, Telegram, dan banyak lagi pilihan share lainnya. List itu juga bisa kita edit jika kita ingin mengganti beberapa perangkat.

 

Kesimpulan

Aplikasi Rakit PC ini sangat berguna dan membantu untuk merencakan pembelian dan perakitan PC. Dapat digunakan oleh semua kalangan, baik pemula maupun tingkat lanjut. Sangat direkomendasikan.

+ Mudah digunakan

+ Interface clean dan sederhana,

+ Ringan aplikasinya

– Update harga sedikit lama, lebih dari 1 bulan. Mungkin kedepannya update harga bisa dibuat dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, misal 1 bulan

UPDATE

Setelah berbincang dengan developernya via email, ternyata ada fitur update harga manual. Sebenarnya update harga sudah dibuat seminggu sekali, hanya saja user harus update harga manual melalui menu. Hal ini bertujuan supaya user bisa mendapat update harga tanpa terlalu banyak update aplikasi di Play Store. Juga supaya user dapat menggunakan aplikasi ini offline dan tidak terlalu banyak menyedot kuota secara diam-diam. Cara updatenya

Klik overflow menu (garis tiga di kanan atas) lalu Perbarui Daftar

Perbarui

Selesai, harga akan diperbarui

ZalPC

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *