Bagaimana Melihat Spesifikasi Perangkat Keras pada Komputer Anda?

Melihat spesifikasi perangkat keras yang terpasang pada komputer Anda mungkin diperlukan karena berbagai alasan. Apakah itu untuk menentukan perangkat komputer Anda memenuhi persyaratan menjalankan sebuah aplikasi, melakukan diagnosa dan analisa masalah, memeriksa kompatibilitas untuk peningkatan (upgrade) komponen, membandingkan perangkat Anda dengan yang lain, atau mungkin Anda ingin menjual komputer pada calon pembeli.

Lalu bagaimana cara melihat spesifikasi perangkat komputer Anda? simak dibawah ini.

Catatan: Setiap perangkat keras yang telah di- overclock seperti prosesor, akan menampilkan kecepatan yang di-overclock dan bukan kecepatan aslinya.

DXDiag

From: Google.com

DXDiag adalah tool analisa dan diagnosa dari DirectX. Tool dxdiag yang disertakan dengan DirectX memungkinkan Anda menampilkan semua informasi system, tetapi juga bisa menyimpannya dalam file teks yang mudah dibaca. Untuk menjalankan tool ini, klik Start menu, Run, ketik dxdiag pada kolom Run, dan tekan enter.

Device Manager

From: Google.com

Informasi perangkat keras yang terdeteksi oleh Microsoft Windows dapat ditemukan melalui Device Manager.

Untuk mengakses Device Manager, Klik kanan My Computer (atau This Computer pada file Explorer Windows 8 dan Windows 10) lalu Properties, dan cari tab Device Manager.

Menggunakan Program pihak ketiga (third party program)

Jika tool bawaan Windows diatas tidak mencantumkan informasi yang Anda butuhkan, Anda bisa menginstall program pihak ketiga,

CPU-Z

Tool CPU-Z berguna untuk melihat spesifikasi Prosesor, RAM, motherboad, dan kartu grafis.

Sejumlah informasi akan ditampilkan oleh CPU-Z, seperti merk dan tipe prosesor, jumlah inti prosesor, tipe RAM, kecepatan clock RAM, merk dan tipe motherboard, kartu grafis, dsb.

Anda bisa mendownload CPU-Z disini

HWiNFO dan HWiNFO32

Program lain untuk mengecek spesifikasi hardware perangkat Anda adalah HWiNFO. Informasi yang ditampillkan pada HWiNFO lebih lengkap daripada CPU-Z.

Download HWiNFO disini

Baiklah cukup sekian informasi saya untuk kali ini, dan semoga banyak pembaca yang menambah ilmunya dari artikel ini dan juga memanfaatkannya sebaik-baiknya.

Nama penulis: Nurul Hadiyati

(edited by ZalPC)

2 thoughts on “Bagaimana Melihat Spesifikasi Perangkat Keras pada Komputer Anda?”

  1. Pingback: Konsultasi Laptop Bluescreen (24-03-2019) | ZalPC

  2. Pingback: Konsultasi Microsoft Photos, Sticky Notes tidak bisa dibuka (22-03-2019) | ZalPC

Comments are closed.