Basic Setting Timeframe dan Chart

Kepala Desa

Setting chart dan timeframe sangat penting sekali. Karena timeframe pada chart akan mempengaruhi penilaian dan keputusan (aksi) kita

Timeframe (TF) adalah set dari setting candle dan rentang waktu pada chart. Biasanya tertulis dengan penanda waktu, misal 15M (15 Minute) 30M (30 Minute) 1H (1 Hour) 1D (1 Day), atau bisa juga dibalik seperti M15, M30, D1, H1, dll

Maksudnya apa? mari kita lihat contoh di Tradingview:

Perhatikan contoh diatas, bila kita set TF menjadi 30M, berarti candle muncul tiap 30 Menit sekali, dan rentang waktu chart akan otomatis menjadi 2 hari kebelakang (dari tanggal 17 sampai 19 saat ini. Itulah yang disebut dengan Timeframe atau TF.

Sekarang kita coba ubah TF menjadi 1H dan perhatikan:

Dalam TF 1H atau 1 jam, maka candle akan muncul tiap 1 jam sekali, dan rentang waktu chart akan melebar menjadi sekitar 5 hari.

Tentunya kita bisa geser manual rentang waktunya. Tetapi nilai itu standar TF chart

Disini pentingnya setting Timeframe yang benar. Rule dasar

  • TF kecil semisal 15M atau 10M digunakan untuk bermain cepat, seperti margin, karena akan menghasilkan pembacaan pergerakan chart yang cepat, keputusan juga akan cepat (dengan target yang cepat)
  • TF besar semisal 4H, 1D, atau 1W digunakan untuk bermain lama atau long, seperti investasi, atau buy and forget. Karena pembacaan pergerakan yang lama, dan keputusan aksi yang lama pula (dengan target yang lama)
  • TF Ideal untuk trading harian adalah 30M atau 1H, cocok untuk trading dengan target profit harian, misal buy saat pagi hari, dan sell siang hari/sore.

Pada beberapa chart market, seperti Poloniex, setting Timeframenya terpisah. Kita bisa setting Candle dan Zoom (rentang waktu chart) secara terpisah

Perhatikan setting chart Poloniex. Garis biru adalah setting zoom atau rentang waktu chart. Jika dipilih 2D (2 Day, atau 2 hari) maka rentang waktu chart akan mundur menjadi 2 hari kebelakang. Sedangkan garis merah adalah setting Candle, 30 Min berarti candle akan muncul tiap 30 menit.

Setting terpisah seperti ini, berarti kita bisa setting rentang waktu chart dan candle stick secara bebas, misal kita bisa set rentang waktu zoom chart menjadi 1W (1 Week, seminggu) sementara candlestick kita bisa set menjadi 30 Menit.

Tetapi ada beberapa acuan standar Timeframe:

  • TF 15M = Candle muncul 15 menit, rentang waktu chart 1D (24 jam)
  • TF 30M = Candle muncul 30 menit, rentang waktu chart 2D (2 hari)

dan sebagainya (ikuti saja urutan tombol zoom dan candlestick.)

TIMEFRAME ADALAH ZOOM

Banyak orang yang bingung memahami Timeframe dan rentang waktu chart. Memang, beda TF, beda pembacaan indikator. Fibo pada TF 30M akan BERBEDA dengan fibo pada TF 1D. Kenapa bisa begitu? karena Timeframe dan rentang waktu chart bisa diibaratkan sebagai ZOOM.

Mari kita analogikan chart sebagai peta.

  • Zoom peta pada titik terkecil, maka hanya akan terlihat rumah Anda.
  • Zoom out peta satu level, maka mulai terlihat halaman depan, jalanan depan, dan tetangga kanan kiri Anda.
  • Zoom out peta lagi, maka mulai terlihat rumah-rumah dalam lingkungan RT anda, serta jalanan yang lebih luas lagi.
  • Zoom out lagi, maka akan terlihat kota tempat tinggal Anda

Begitu analoginya. TF kecil adalah zoom dari chart yang besar. Sementara TF besar semisal 1D atau bahkan 1W bisa digunakan untuk melihat pergerakan besar suatu koin

Contoh pada TF 30M rentang chart 2 hari, terlihat pergerakan sedang berusaha recover dari DOWNTREND 2 hari terakhir… tapi ketika kita zoom out ke TF yang besar:

Maka terlihat sebenarnya pergerakan besarnya hanyalah koreksi dari pergerakan UPTREND seminggu terakhir.

CATATAN AKHIR

Nah, sekali lagi disitulah pentingnya setting TF sesuai gaya trading kita.. apakah main cepat, main santai (harian) atau main lambat (long).

Karena semua indikator dan tool bisa diaplikasikan ke TF manapun, tergantung kita pilih TF sesuai waktu kita.