Daftar Istilah Dunia Cryptocurrencies

Daftar Istilah dalam Dunia Cryptocurrencies

Kepala Desa
 
tips: Ketik ctrl+f untuk memunculkan jendela Find pada browser, lalu ketik kata kunci yang ingin Anda cari

————

Airdrop = Gratisan, bagi-bagi koin gratisan, bisa berupa jatah ketika kita simpan saldo, atau berupa bonus ketika login/ikut event tertentu.

————

Algo/Alogaritma = Adalah alogartima kriptografi/proteksi yang dibuat untuk melindungi blockchain/data transaksi dari upaya memodifikasi/merubah data. Alogaritma ini yang dipecahkan oleh miner untuk proses mining dan menyelesaikan proses transaksi pada Blockchain.

untuk lebih lengkapnya kunjungi : https://zalpc.info/mining-cryptocurrencies-menambang-koin-kripto/

—————–

Altcoin = Alternative coin, adalah sebutan untuk koin lain selain Bitcoin.

—————-

Analisa Fundamental = Analisa Fundamental adalah analisa pasar berdasarkan berita, news, atau isu tentang koin tersebut.

Berita bagus tentu akan membuat suasana pasar menjadi positif yang berakibat pada kenaikan harga (karena banyak yang membeli)

Berita jelek akan membuat suasan pasar menjadi negatif yang berakibat pada penurunan harga (karena banyak yang menjual)

————–

Analisa Teknikal = Analisa Teknikal adalah analisa pasar berdasarkan pembacaan chart dan indikator. Kita memperkirakan pergerakan harga sesuai ilmu-ilmu teknikal, pembacaan chart, dan pembacaan indikator dalam chart (lihat Materi Trading Kampung Koin)

——————–

ANN (Announcement) = Announcement merujuk pada pengumuman developer tentang koin/token/ICO pada forum Bitcointalk. Dari Announcement tersebut, kita bisa mendapatkan informasi tentang koin/token/ICO tersebut, bagaimana cara mendapatkannya, atau bagaimana cara miningnya, dimana saja mining poolnya, dsb.

———————

Antabur = Ancuran tahi burung, istilah dalam Kampung Koin yang berarti tidak bernilai, murah, atau tidak jelas nasibnya.

——————–

Arbitrase/Arbit: Adalah teknik penetrasi pasar, yaitu beli murah di pasar A, lalu jual di pasar B dengan harga lebih mahal, dengan tujuan mencari profit. Arbitrase harus memperhitungkan fee dan selisih harga pasar, jangan sampai niat untung malah jadi buntung.

————-

Bearish = Bearish adalah trend turun. Berasal dari kata “Bear” yang berarti beruang. Beruang mencakar kebawah, sehingga identik dengan trend turun.

——————-

Bounty = Mengerjakan tugas tertentu untuk mendapatkan hadiah, misal berupa koin atau token. Bounty ada banyak macamnya, bisa bounty lewat blog, menulis blog promosi koin tersebut, atau media sosial, video. dsb. Bounty adalah ketika kita menjadi marketing sebuah koin/token, dan mendapatkan imbalan setelah mengerjakan tugas dan syaratnya.

——————

Bullish = Bullish adalah trend naik. Berasal dari kata “Bull” yang berarti banteng. Banteng menyeruduk keatas, sehingga identik dengan trend naik.

—————–

Bulltrap = Bulltrap adalah sinyal bias (tidak akurat) seakan-akan pergerakan pasar sedang naik (uptrend) pada kenyataannya pergerakan dapat berbalik arah tiba-tiba turun. Istillah bulltrap secara lepas juga dapat dipakai ketika ada candle hijau panjang, lalu diikuti dengan candle merah panjang.

——————

Block = Kumpulan data transaksi koin pada saat itu (saat block diciptakan)

—————

Blockchain = Kumpulan Block, juga bisa diartikan tempat semua data transaksi koin dicatat.

Blockchain dapat diibaratkan sebuah buku besar yang mencatat semua data transaksi. Blockchain terdiri dari kumpulan Block.

————-

Block explorer = Adalah tempat dimana kita bisa mencari data transaksi (TX ID), wallet address, beserta data-data lain.

Setiap koin punya Block Explorer, biasa digunakan untuk mencari data transaksi apakah sudah masuk kedalam Blockchain.

contoh salah satu block explorer BTC = https://blockchain.info/

block explorer XLM = https://stellarchain.io/

dll.

—————

BTT (Bitcointalk) = Forum tentang Cryptocurrencies. Bitcointalk.org menjadi acuan karena salah satu forum diskusi tertua tentang dunia Cryptocurrencies.

Disana terdapat berbagai macam informasi tentang dunia Crypto, pengumuman tentang koin/ICO/Token baru, bounty, airdrop, dan sebagainya.

—————————-

Coinmarketcap (CMC/CMP) = coinmarketcap.com adalah index yang berisi daftar koin-koin Cryptocurrencies, beserta link ke thread Annoucementnya, marketnya, chart umumnya, websitenya, dan sebagainya. Digunakan untuk mencari data dan informasi tentang koin tersebut.

—————————-

Cukong = Orang/Segelintir orang yang mempunyai modal yang sangat besar, biasanya sampai ratusan juta Rupiah/Milyaran. Cukong sedikit banyaknya bisa mengendalikan harga dengan membuat Pump and Dump, atau membuat tembok pada orderbook yang mempengaruhi psikologis trader.

————————————-

Confirmation = Merujuk pada “konfirmasi” sebuah transaksi. Ketika ada transaksi pengiriman/penerimaan koin, maka jaringan (miner) akan memasukkan transaksi tersebut kedalam blockchain. Confirmation adalah jumlah konfirmasi dari miner yang dibutuhkan oleh transaksi tersebut supaya valid dan dapat dimasukkan ke dalam blockchain.

Jumlah konfirmasi transaksi berbeda-beda tiap koin. Misal Bitcoin butuh 5 Confirmation, DOGE Butuh 6 Confirmation, dll.

————————-

Cryptocurencies = Mata uang Crypto. Kenapa disebut Cryptocurrencies? karena semua data termasuk Blockchain dalam Cryptocurrencies dilindungi oleh proteksi Cryptography. Sehingga susah untuk dimodifikasi atau diubah datanya oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

https://zalpc.info/pengenalan-bitcoin-dan-cryptocurrencies/

————-

CL = Cutloss

Cutloss = Cutloss adalah tindakan untuk memastikan kita tidak merugi lebih besar. Cutloss dilakukan saat kita tahu bahwa kedepan kita akan rugi lebih besar, dan kita harus mengambil tindakan segera supaya tidak merugi lebih besar, contoh saat kita tahu pergerakan akan turun lebih dalam, dan kita menjual semua koin kita untuk mencegah kerugian (penurunan) nilai koin kita.

————

Deposit (depo) = Memasukkan/menambah saldo, bisa juga berarti mengirim saldo masuk kedalam wallet.

————

Depth Chart (Market Depth) = Adalah Orderbook yang disajikan dalam bentuk chart. Depth Chart ini digunakan untuk memperkirakan kekuatan buy dan sell. Jika dalam Depth Chart chart buy (hijau) lebih tinggi, maka dalam Orderbook banyak terdapat antrian buy (demand tinggi)

—————-

Dump = Keadaan dimana pergerakan harga turun yang ditandai dengan gelombang sell besar-besaran, baik dikendalikan oleh cukong, atau segelintir/sebagian besar orang (FOMO) karena keadaan tertentu (misal ada fundamental buruk)

——————-

Exchange = Market atau pasar dimana trading dilakukan, misal VIP, Poloniex, bittrex, dsb.

————-

Faucet = Faucet adalah tempat mendapatkan koin gratisan. Biasanya faucet akan memberikan sedikit koin secara gratis dalam jangka waktu tertentu (misal dalam 1 jam sekali mendapatkan sekian koin)

—————–

Flash pump = Flash pump adalah teknik melambungkan harga (pump) dalam waktu singkat. Flash pump biasanya berlangsung sangat cepat, dalam hitungan menit saja. Ditandai dengan sebuah candle hijau panjang (kenaikan harga yang signifikan).

Flash pump sangat beresiko, jika timing tidak pas, maka akan berakibat koin kita nyangkut atau buy saat diatas.

——————–

FOMO = Fear Of Missing Out, adalah orang-orang yang takut kehilangan momen dan mudah terpengaruh. Misal ada berita bagus tentang koin tertentu, maka FOMO akan membeli koin itu.

————-

Fork = Dalam suatu pengembangan project, fork dapat diartikan sebagai sebuah cabang, ketika project tersebut terpecah menjadi 2 atau beberapa project baru. Fork biasanya menghasilkan beberapa project baru sebagai hasil dari ketidak-sepakatan orang-orang dalam project tersebut.

Fork ada 2 jenis:

  • Softfork = Softfork ketika project tersebut mengalami perubahan minor, seperti penambahan fitur pada kodenya, atau perubahan minor lain.
  • Hardfork = ketika project tersebut mengalami perubahan major (besar) seperti penambahan fitur yang memerlukan perombakan besar dalam sistem, atau penggantian sistem itu sendiri

Sekarang, semua perubahan kadang disebut sebagai Hardfork, mau itu perubahan kecil atau perubahan besar.

Fork itu terjadi ketika developer project mengusulkan sebuah perubahan/penambahan fitur. Lalu terjadi voting diantara orang-orang atau stakeholder yang ikut andil dalam proyek itu. Ketika terjadi ketidak-sepakatan, maka orang orang yang tidak sepakat dengan usulan itu, akan tetap menjalankan sistem lama atau membuat sistem baru, sementara yang sepakat akan menjalankan sistem yang dirubah sesuai usulan.

Dapat diibaratkan sebagai voting dalam sebuah grup. Misal pemilik grup mengusulkan perubahan peraturan dalam grup, maka terjadi voting.

Orang-orang yang tidak setuju dengan peraturan baru itu, memisahkan diri dan membuat grup baru, sementara orang yang setuju dengan peraturan baru, tetap berada di dalam grup dengan peraturan baru.

——————–

FUD = Fear, Uncertainty, and Doubt, adalah kondisi ketakutan dan keraguan. FUD dapat menciptakan suasana yang tidak kondusif terhadap pasar.

—————–

Hardcap = Dalam dunia ICO dan token, Hardcap berarti batas maksimum supply koin/token yang habis dibagikan saat ICO/Crowdsale.

——————-

Hit/Hitbtc = hitbtc.com, market internasional

——————-

Hold/Hodl = Menahan/menyimpan saldo koin untuk kemudian dijual pada harga yang tinggi.

——————-

Hype = Kondisi dimana euforia terjadi, kondisi senang atau terbentuk sentimen positif pasar.

——————-

ICO = Initial Coin Offering. ICO adalah tahap dimana koin baru berupa token ditawarkan dan diperkenalkan ke publik. Pada masa ICO ini developer koin akan menggelar berbagai macam cara untuk mengenalkan dan mempromosikan koin/tokennya pada publik, contohnya:

  • Airdrop – gratisan
  • Bounty – mengerjakan tugas/syarat tertentu untuk mendapat imbalan koin/token
  • Bonus refferal – mencari referral sebanyak-banyaknya untuk dapat bonus koin/token
  • Presale – penjualan koin/token sebelum masuk market
  • faucet – gratisan
  • dan sebagainya

—————–

Indikator = Indikator pada chart adalah alat untuk mengindikasikan dan membaca pergerakan harga. Indikator banyak jenisnya. Tetapi indikator akan mengindikasikan hal yang sama, hanya saja caranya berbeda-beda. Contoh indikator: Bollinger Band, EMA, RSI, MACD, dsb (lihat Materi Trading Kampung Koin). Pembacaan indikator akan membentuk kesimpulan trend.

———————

JASCO = Just Another Shit Coin, istilah dalam Kampung Koin yang berarti: “hanya koin biasa”.

———————–

Kroto = Istilah Kampung Koin untuk menyebut Cryptocurrencies.

——————-

Lending = Lending adalah mode pada Poloniex (atau market lain yang ada Lending) dimana kita bisa “meminjamkan” saldo koin kita pada orang yang Margin. Semacam deposito berjangka. Kita me-lendingkan saldo koin kita, pilih berapa hari, nanti akan dikembalikan beserta imbalan bunganya. Lending biasanya hanya menghasilkan bunga yang kecil.

———————–

Margin (Margin trading) = Margin trading adalah suatu bentuk trading, dimana kita bisa menentukan kapan kita harus mulai masuk pasar, dan kapan kita harus berhenti. Di dalam margin ada beberapa istilah:

  • Open Position = momen saat kita mulai margin trading
  • Short = short pada margin adalah ketika melihat pergerakan harga yang menurun, dan kita mencoba mengambil keuntungan dari pergerakan turun tersebut
  • Long = long pada margin adalah ketika kita melihat pergerakan harga yang naik, dan kita mencoba mengambil keuntungan dari pergerakan naik tersebut
  • Close position = momen saat kita berhenti margin trading
  • Base Price = harga saat kita Open Position
  • Margin call = notifikasi bahwa margin kita sudah dalam ambang batas kerugian

cara kerja margin adalah sebagai berikut, :

MARGIN SHORT

Kita lihat pergerakan chart, dan kita tentukan bahwa pergerakan harga akan semakin menurun, maka kita buka (open position) atau start dari atas, lalu biarkan harga turun sampai se-rendah-rendahnya. Saat harga sudah dibawah, maka kita tutup posisi kita (close position), maka kita akan mendapat profit dari margin short.

MARGIN LONG

Jika kita memperkirakan pergerakan harga yang akan naik, maka kita buka (open) posisi pada harga dibawah, dan biarkan pergerakan harga terus naik. Setelah mencapai puncak pergerakan, maka kita sudahi (close position) disitulah kita mendapat profit dari margin long.

Selalu ingat dalam margin:

SHORT = pergerakan turun

LONG = pergerakan naik

Bagaimana jika kita ambil SHORT tetapi pergerakan harga terus naik? maka kita akan LOSS. Sama ketika kita ambil LONG tetapi pergerakan harga turun, kita akan loss. Jadi kelihaian membaca chart dan analisa teknikal kita dalam margin sangat diperlukan.

Dalam margin juga kita bisa mendapatkan keuntungan beberapa kali lipat dibandingkan dalam trading order biasa. Itu karena biasanya ketika kita margin, kita mendapatkan “pinjaman” modal (leverage) dari orang yang me-lendingkan saldonya, jadi keuntungan yang kita dapat bisa lebih.

TAPI jika loss dalam margin, tentu lebih besar juga. Jadi resiko margin adalah: PROFIT BESAR, LOSS JUGA BESAR.

Margin Trading hanya bisa diaplikasikan pada market yang mempunyai fitur margin trading, seperti Poloniex dan Bittrex.

———————–

Market = Pasar, juga bisa berarti exchange seperti VIP, poloniex, bittrex, dll.

———————–

Miner = Penambang koin.

Miner Software = Software/aplikasi yang digunakan untuk menambang koin tertentu.

———————

Mining = Mining adalah kegiatan “menambang” atau mendapatkan koin menggunakan komputer atau alat tertentu. Mining memecahkan alogaritma tertentu untuk menyelesaikan sebuah transaksi ke dalam blockchain.

Ekosistem mining adalah ekosistem dalam dunia Crypto yang sangat vital. Tanpa mining, transaksi koin-koin yang berbasis POW tidak dapat dilakukan.

Mining ini bisa menggunakan CPU, GPU (VGA), atau ASIC, atau alat lain. Cara kerja mining adalah dengan menyelesaikan transaksi didalam blockhain, lalu miner mendapatkan reward berupa block reward dan fees.

Mining ini sangat bergantung pada kekuatan perangkat miner yang digunakan, biasa disebut dengan hashrate. Semakin besar hashrate, maka semakin banyak mendapat koin.

untuk lebih lengkapnya kunjungi : https://zalpc.info/mining-cryptocurrencies-menambang-koin-kripto/

———————–

Mining Pool = Tempat dimana miner berkumpul untuk menggabungkan hashrate. Secara sederhana juga bisa diartikan sebagai tempat mining.

——————————

Opit = Profit

———————–

Orderbook = Kumpulan antrian order buy and sell dalam suatu market.

—————————-

Pair = Pair merujuk pada pasangan tukar sebuah koin pada market. Misal pair BTC/USD adalah pasangan tukar antara BTC dan US Dollar. Pair BTC/IDR adalah pasangan tukar BTC dengan Rupiah. Pair ETH/BTC adalah pasangan tukar ETH dengan BTC.

Harga sesuai pairnya dibaca sebagai berikut, contoh:

Pair BTC/IDR = 150.000.000 , berarti 1 BTC = 150.000.000 IDR

Pair ETH/BTC = 0.02 BTC, berarti 1 ETH = 0.02 BTC

———————

Paus = Cukong

———————

Ping-pong = Teknik ping-pong dilakukan saat kondisi pasar sedang sideway atau menyamping. Teknik ini dilakukan dengan membeli pada titik bawah pergerakan, dan menjual pada titik atas.

————————

Platform = Platform adalah basis teknologi yang dipakai. Platform digunakan sebagai basis untuk mengembangkan hal-hal lain. Pada dunia crypto, istilah platform dipakai untuk merujuk pada basis mengembangkan koin/token lain.

Contoh token/koin berplatform ETH berarti token tersebut mengambil basis teknologi ETH.

———————-

Polo = Poloniex.com market internasional

———————–

POS = Proof Of Stakes. POS adalah salah satu jenis konsensus dimana cara menentukan blok baru dalam blockchain adalah melalui konsensus stakes.

Siapa yang banyak menyimpan saldo dalam wallet/nodes/masternodes, maka dia akan mendapatkan reward blok yang banyak juga. Bisa diibaratkan seperti memiliki saham. Semakin banyak saham yang kita punya, semakin banyak bagian atau jatah yang kita dapat.

Koin POS tidak dapat dimining dengan hardware, hanya di”mining” dengan menyimpan saldo dalam wallet/core/nodes/masternodes.

Contoh koin POS: XLM, NXT, XRP, BTS

————————-

Posko/Posko Koin Nyangkut = Tempat imajiner dimana nyangkuter/trader yang koinnya nyangkut (beli tapi belum bisa dijual karena harga turun) berkumpul.

—————

POW = Proof Of Work. POW adalah konsensus dimana penentuan blok baru berdasarkan konsesus work (kerja) menggunakan hardware.

POW adalah mining menggunakan hardware (CPU, GPU, ASIC, dsb) sehingga bisa dikatakan, siapa yang mempunyai hashrate besar, maka dia akan semakin banyak mendapatkan reward dari mining.

Contoh koin POW: BTC, ETH, DOGE, XMR, ZEC

————————

Private key = Pada wallet, Private key merujuk pada kode rahasia sebagai kunci otorisasi si pemegang wallet. Private key semacam kunci yang dipegang oleh si pemilik wallet. Private key ini TIDAK BOLEH diketahui orang lain, karena jika diketahui orang, maka dapat dimanfaatkan untuk mengirim saldo ke alamat lain.

Diibaratkan seperti kunci rumah. Jika kunci rumah anda dimiliki orang lain, maka orang tersebut dapat masuk dan mengambil seisi rumah. Jadi, JANGAN SAMPAI private key diketahui orang lain.

———————-

Public key = Public key adalah alamat (address) wallet yang kita miliki untuk keperluan kirim/terima koin. Public key inilah yang kita gunakan ketika kita mau menerima koin.

Diibaratkan public key seperti alamat rumah anda. Jika orang mau datang atau mau kirim barang ke rumah anda, maka dia harus tahu alamat rumah anda, bukan?.

—————–

Pump = Keadaan dimana pergerakan harga naik yang ditandai dengan gelombang buy besar-besaran, baik dikendalikan oleh cukong, atau segelintir/sebagian besar orang (FOMO) karena keadaan tertentu (misal ada fundamental bagus)

——————

Pump and Dump = Strategi Pump and Dump adalah strategi yang dijalankan oleh cukong/segelintir orang untuk mengambil profit. Caranya adalah dengan menginisiasi gelombang buy (pump) besar-besaran. Ketika harga sudah di titik jenuh, maka dengan segera akan terjadi sell (dump) dalam jumlah besar.

———————

Resisten/Resis = Titik tertinggi pergerakan harga (pucuk). Juga merupakan titik tertinggi (100%) pada fibo (lihat Materi Trading Kampung Koin – Fibo)

—————-

Scalping = Scalping adalah aksi mengambil profit sedikit demi sedikit, tetapi dilakukan berulang kali. Contoh ketika trend naik, kita melakukan scalping pada titik bawah dan titik atas harga.

Contoh scalping pada trend naik, kita membeli di titik hijau, lalu jual di titik merah. Profit sedikit, tapi lakukan berulang kali. Juga bisa digunakan saat trend turun.

Scalping hampir sama dengan teknik ping-pong, tetapi perbedaan dasarnya, scalping digunakan ketika kita ragu dengan pergerakan, apakah mau naik atau turun, sementara teknik ping-pong dilakukan pada kondisi pasar sideway yang cenderung stabil.

————————

Shitcoin = Istilah slang untuk altcoin.

————————-

Sideway = Kondisi dimana pergerakan harga menyamping (statis) tidak ada kenaikan atau penurunan yang signifikan.

————————-

Snapshot block = Momen saat blockchain dilakukan split. Snapshot bisa dilakukan pada tanggal dan jam tertentu, atau pada blok ke-sekian pada blokchain. Lihat Split Blockchain.

——————

Softcap = Dalam dunia ICO dan token, Softcap berarti batas MINIMAL supply koin/token yang harus habis dibagikan/dijual saat ICO/crowdsale. Jika developer tidak bisa memenuhi syarat Softcap ini, maka investor bisa menarik kembali fundingnya.

——————–

Split Blockchain = Pada kasus Fork/Hardfork, biasanya data Blockchain akan terpecah menjadi dua, satu Blockchain koin lama, satu lagi Blockchain koin baru.

Pemegang saldo pada Blockchain koin lama, juga akan mendapatkan saldo pada koin baru, karena data awal sebelum Blockchain terpecah adalah sama, dan saldo ada sebelum Split. Kecuali saldo berada pada Blockchain setelah dilakukan Split.

Contoh pada gambar, jika pemegang saldo pada Blockchain koin biru berada sebelum Split, maka biasanya akan mendapatkan saldo koin merah.

Kasus ini terjadi setiap Split Blockchain, seperti saat BTC split menjadi BTU, BCH, BTG, atau saat pemegang Ethereum mendapat saldo ETC dan ETH saat split, dsb.

————————

Support = Titik terendah (dasar). Juga merujuk pada area titik 0% pada fibo (lihat Materi Trading Kampung Koin – Fibo)

———————

Take Profit (TP) = Aksi mengambil profit. Biasanya setelah pergerakan sudah berada diatas, lalu kita jual untuk mendapatkan profit.

———————

Tembok = Tembok pada Orderbook adalah ketika ada order buy/sell dengan jumlah yang sangat besar. Tembok bertujuan untuk menjaga supaya harga tidak jatuh/naik dibawah level tertentu. Tembok ini juga dapat memperlambat dan menghalangi pergerakan harga, juga bisa mempengaruhi psikologis trader.

Misal, ada tembok buy order dengan nominal yang sangat besar di level harga sekian, maka pergerakan harga akan terhenti di level itu, karena trader harus “menghabiskan dan mengikis” tembok tersebut (menjual di level harga tersebut) setelah tembok habis, maka harga akan kembali naik.

Tembok juga bisa mempengaruhi psikologis trader. Ketika trader melihat tembok buy/sell di level harga sekian, maka mereka akan menggeser order buy/sell nya diatas/dibawah level harga tersebut untuk sengaja menghindari tembok tersebut.

———————-

Token = Token secara definisi adalah media/perantara. Dalam dunia crypto, definisi token bisa dilihat dari beberapa sisi:

Dari sisi teknis, Token adalah produk yang “menumpang” blockchain atau jaringan sebuah platform.. misal token ETH yang menumpang blockchain ETH, atau token berplatform WAVES

Dari sisi bisnis, token adalah end product yang dibagikan/dijual kepada stakeholder sebagai tanda berpartisipasi dalam ICO/crowdfund/presale/airdrop tersebut.

————————-

Tokek = Istilah Kampung Koin untuk menyebut token.

————————-

To The Moon / To Moon = Istilah untuk mengekspresikan harapan suatu koin akan melambung tinggi harganya.

———————

Trading = Jual-beli. Trading adalah kegiatan jual-beli koin Crypto. Trading adalah ekosistem yang paling umum pada dunia Crypto.

Dalam Trading, ada penjual, ada pembeli, dan ada harga. Jika kita membeli sebuah koin, maka kita membeli dari si penjual. Sama ketika kita menjual koin, maka disitu ada yang membeli koin kita.

Prinsip Trading adalah membeli dengan harga murah, dan menjual dengan harga mahal, selisih harga adalah profit kita.

Misal, jika kita mau membeli koin A dengan harga 300 sementara harga pasar 400. Maka order beli kita akan masuk ke Orderbook, sampai harga menyentuh 300, dan ada orang yang mau menjual koin dengan harga 300.

Kebalikannya juga sama, kita ingin menjual dengan harga mahal, misal 500, sementara harga pasar hanya 400, kita akan masuk antrian orderbook sampai harga menyentuh 500 dan ada yang membeli koin kita seharga 500.

Dalam Trading berlaku hukum pasar dan ekonomi, ada supply dan demand. Ketika demand (pembeli) atau permintaan naik, sementara supply (penjual) sedikit, maka harga akan naik. Ketika Supply (penjual) banyak, semetara demand (pembeli sedikit), maka harga akan turun.

————————–

Trend = Trend adalah kesimpulan atau kecenderungan pergerakan pasar. Trend dibentuk oleh indikator. Uptrend adalah kecenderungan pergerakan naik, sementara Downtrend adalah pergerakan turun.

————————

TX ID (Transaction ID) = Adalah bukti transaksi pengiriman/penerimaan sebuah koin. Jika kita mengirim/menima koin, maka akan mendapatkan TX ID. TX ID bisa di-cek di Block Explorer koin tersebut, untuk mendapatkan informasi tentang jumlah kiriman, fee, dan konfirmasi.

TX ID bisa diibaratkan sebagai resi pengiriman/penerimaan ketika kita mengirim barang/menerima barang.

—————-

VIP = bitcoin.co.id

————————-

Wallet = Wallet adalah tempat kita menyimpan saldo koin. Bisa diibaratkan sebagai rekening.

Wallet ada berbagai jenis, tapi secara teknis dibagi sebagai berikut:

  • Wallet personal/Online wallet/Web wallet = adalah layanan wallet dimana kita bisa daftar secara online melalui web browser.
  • Wallet PC/cold wallet/Offline wallet = adalah layanan wallet dimana kita harus mendownload aplikasi wallet di PC kita.
  • Wallet market/exchange = adalah layanan wallet yang terdapat di market, ketika kita daftar market misal Poloniex, maka kita akan disediakan wallet untuk semua koin yang ada di market tersebut.

Perbedaannya adalah pada wallet personal/online wallet dan wallet PC/offline wallet kita dapat lebih mengatur beberapa aspek, misal membuat alamat wallet baru, atau melihat Private Key wallet kita.

Pada wallet market, kita hanya disediakan 1 address wallet untuk 1 koin, dan tidak dapat melihat Private key wallet itu.

———————

Whale = Istilah bahasa Inggris untuk cukong = paus.

———————

Whitepaper = Proposal atau spesifikasi teknis sebuah koin yang tertuang dalam dokumen resmi. Dalam whitepaper, developer akan menjelaskan semua, dari motivasi membuat koin tersebut, fiturnya, teknologi yang dipakai, alogaritma, dan berbagai macam penjelasan informasi lain yang ditawarkan oleh sang developer.

—————————

Withdrawal (WD) = Mengirim saldo/mengirim saldo keluar dari wallet menuju wallet lain, atau bisa juga menarik saldo kita.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *