Close

11/02/2016

Desain WordPress dengan Layers WP

Saya tergolong baru berkecimpung di dunia desain web. Belum sampai 2 tahun sejak saya pertama kali mencoba-coba membeli domain + hosting dan mendesain situs. Ilmu saya belum sampai pada coding PHP atau CSS, ya sedikit mengerti sih, untuk sekedar mengganti warna, menggeser tulisan di CSS, atau merubah sebuah fungsi sederhana di PHP. Tapi tidak sampai membuat halaman sendiri dengan PHP (Coding). 🙂

Mendesain sebuah situs web jaman sekarang tergolong mudah dan simpel. Dimudahkan dengan adanya berbagai CMS (Content Management System) untuk mengatur desain, tata-letak, warna, dan konten sebuah situs web. WordPress adalah salah satu CMS yang mudah dan simpel untuk saya gunakan. WordPress menyediakan banyak pilihan tema, plugins, dan kostumisasi lainnya untuk berbagai kebutuhan situs web.

Setelah sekian lama mencoba-coba puluhan tema, akhir-akhir ini pilihan saya jatuh pada Layers WP. Layers WP adalah sebuah builder untuk Worpress, berupa sebuah tema. Layers WP ini free, alias gratis, dengan pilihan upgrade to pro. Tetapi versi gratisnya saja sudah lebih dari cukup untuk mendesain sebuah web yang bagus. Situs zalpc ini salah satu contoh situs yang saya desain menggunakan Layers WP.

layers-1

Ingin mencoba menggunakan Layers WP? Anda tidak akan menemukan Layers WP pada pencarian tema di WordPress. Untuk menggunakan Layers WP ini, Anda harus mengunduh Layers WP pada situs resminya http://www.layerswp.com, masuk bagian Download untuk mengunduh file Layers WP (berupa file .zip)

Setelah mengunduh filenya, masuk ke Dashboard WordPress situs anda, lalu ke bagian Appearance – Themes – Add new, unggah file Layers WP yang barusan Anda unduh. Setelah diunggah, Activate Layers.

layers-2

Anda akan dibawa pada setup Layers WP, silahkan isi beberapa data (Nama situs, Tagline, dsb) dan terakhir pilihan template. Ada beberapa pilihan template halaman Layers, tetapi saya lebih suka membangun layout dari template kosong. Jadi biasanya saya pilih Blank Page. Terakhir, Anda akan dibawa langsung pada layar Customize halaman Layers situs Anda.layers-3

Satu hal yang saya suka dari Layers WP ini adalah pengaturan dan layout yang sangat fleksibel. Pada bagian Edit Layout, anda bisa menambahkan berbagai Widget, baik Widget bawaan Layers ataupun Widget yang ada di WordPress Anda.

layers-4

Contohnya pada gambar, situs zalpc ini menggunakan 3 Widget pada halaman utamanya, Silder, Content, dan Post. Slider untuk menambahkan slide gambar, Content untuk menambahkan konten (gambar dan tulisan) diluar postingan WordPress (biasanya untuk menjelaskan sesuatu). dan Post adalah widget untuk menampilkan postingan terbaru dari WordPress. Widget-widget ini bisa diatur tata letaknya sesuai selera kita.

Pengaturan layout dan tata letak ini tidak terbatas pada halaman utama saja, bisa juga diterapkan untuk halaman lain atau halaman tertentu. Caranya, pada halaman lain (atau halaman yang sudah ada) edit, dan ubah Page Attribute – Template menjadi Layers Template (lihat gambar). Setelah itu anda bisa mengatur tata letak halaman itu dengan Layers WP.

layers-5-page

Layers WP ini cocok diaplikasikan untuk situs portofolio, blog, majalah, bahkan bisa digabungkan dengan WooCommerce untuk situs online shop.

Selamat ber-eksperimen dengan Layers WP, jika ada yang kurang jelas, bisa menghubungi saya atau tinggalkan komentar.

Just a computer tech and cryptocurrencies enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =