Forum Diskusi

Forum Navigation
You need to log in to create posts and topics.

URL Shortener, Tujuan dan Kegunaannya

Anda pasti sering melihat link atau URL seperti ini bit.ly/2F015lM, atau shorturl.at/bfquF. Ya link seperti itu sudah diperpendek atau istilahnya shortlink/URL Shortener. Apa sih sebenarnya tujuan dan kegunaan URL Shortener? Kali ini kita akan membahas tentang itu.

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah referensi atau alamat dari sebuah resource di internet. Resource tersebut bisa berupa file, atau halaman website. Oleh karena itu, URL juga disebut web address, atau alamat web.

Setiap halaman website mempunyai URL. Contoh halaman ini mempunyai URL ... Ketika kita ingin mengunjungi halaman tersebut, kita harus mengetik atau mengklik tautan (link) URL tersebut.

contoh URL atau alamat web pada salah satu artikel ZalPC

URL bisa menjadi sangat panjang, tergantung struktur hirarki sebuah website. Disitulah peran URL Shortener. URL Shortener menyingkat link URL yang panjang menjadi pendek dan mudah diketik dan diingat.

contoh URL berupa nama domain yang sangat panjang, yang juga nama sebuah kota di Wales

Tidak hanya itu, ada beberapa kegunaan URL Shortener.

Kegunaan Praktis dan Estetika

Jika Anda ingin membagikan atau mempromosikan sebuah URL yang panjang, maka akan lebih praktis jika URL tersebut diperpendek dengan URL shortener. Selain karena praktis, URL yang terlalu panjang membuat orang malas mengunjungi, mengetik, atau mengingat URL tersebut.

Tentu kebanyakan media biasanya otomatis mengubah URL menjadi link yang bisa di klik. Seperti ini, URL no-click: https://zalpc.info, dan URL click-able: https://zalpc.info.

Contoh jika kita ingin membagikan URL ini https://zalpc.info/open-submission-dan-survei-pembelian/ pada media sosial seperti Instagram dan WhatsApp (yang kedua media tersebut tidak otomatis mengubah URL menjadi link yang bisa di-klik) maka URL yang panjang seperti itu tidak praktis, membuat orang malas mengetik ulang dan mengingatnya.

Tapi jika kita membagikan URL yang sudah diperpendek seperti ini: bit.ly/zalpcnews1, maka orang akan lebih mudah mengingat URL tersebut.

Kegunaan Tracking dan Analytics

Selain untuk kegunaan praktis dan estetika, URL Shortener juga berguna sebagai media tracking (pelacakan) dan analytics (analisa). Kebanyakan layanan URL Shortener menyediakan pelacakan dan analisa dari link yang Anda buat.

Anda bisa melihat seberapa banyak orang yang sudah mengunjungi link Anda, atau darimana pengunjung berasal (negara, sumber traffic, dsb)

contoh dashboard URL shortener bit.ly

Ini sangat berguna untuk mengukur seberapa jauh link Anda telah menjangkau target publik, terutama dalam media promosi, atau promotional campaign.

Kegunaan Monetize (Monetisasi)

Kegunaan terakhir URL shortener yang juga banyak dicari adalah monetisasi. Monetisasi berati Anda mendapat uang atau komisi dari setiap orang yang mengunjungi link Anda. Pengujung link akan melihat iklan sebelum diarahkan pada URL asli. Iklan inilah yang menjadi "komisi" untuk Anda.

Tidak semua layanan URL shortener menyediakan monetisasi dari link Anda. Contoh layanan shortener bit.ly (http://bit.ly) dapat digunakan gratis dan tanpa monetisasi apapun. Ketika orang membuka link yang sudah diperpendek dengan bit.ly, maka akan langsung diarahkan ke URL aslinya, tanpa ada iklan apapun.

Tapi jika Anda mencari layanan URL Shortener yang ada monetisasi, kami merekomendasikan Noyads

Noyads adalah layanan URL shortener lokal yang berasal dari Indonesia. Salah satu keunggulan Noyads adalah CPM yang tinggi (per-klik link Anda mendapat Rp 75) tanpa captcha yang mengganggu, dan pembayaran dalam Rupiah (transfer bank, atau berupa pulsa)

halaman depan Noyads

Silahkan join Noyads disini.

Sekian, Semoga bermanfaat.

ZalPC