Konsultasi CPU mati (01-07-2019) via ZalPC App

Conversation started on Monday, July 1 2019, 14:18

[14:18] Visitor navigated to Konsultasi
[14:18] ZalPC (System Message) : Selamat datang di ZalPC, ada yang bisa kami bantu?

[14:19] Kevinarta : Nama : Kevinarta
Email : xxxxx@gmail.com

[14:19] ZalPC has joined the conversation.
[14:19] ZalPC : ya

[14:19] Kevinarta : Saya yang tadi min
[14:19] ZalPC : yang kedip-kedip lampu fannya aja?

[14:19] Kevinarta : Semuanya min
[14:19] ZalPC : maksudnya semua?

[14:20] Kevinarta : https://tawk.link/5cdb9424d07d7e0c6393a751/vc/5d19b3db99e064b1be5289bc/v/95bda5913a1b3a2d6ecc5a056af1b0c3d98b787f/VID-20190630-WA0000.mp4

[14:20] ZalPC : bisa booting?
[14:20] Kevinarta : Enggak
[14:20] ZalPC : bisa masuk BIOS?
[14:21] Kevinarta : No display min

[14:21] ZalPC : tadi RAM nya berapa keping
[14:21] Kevinarta : 2
[14:22] ZalPC : ada bunyi beep atau bunyi lain?
[14:22] Kevinarta : Saya gak pasang speaker min tapi tadi ada kaya bunyi listrik
[14:22] ZalPC : udah berapa lama problemnya?
[14:22] ZalPC : dari kapan

[14:22] Kevinarta : Dari kemarin
[14:23] ZalPC : kipas prosesor dan casing nyala semua?
[14:23] Kevinarta : Nyala tapi kedip kedip
[14:23] ZalPC : berputar?
[14:23] Kevinarta : Muter cuman mati hidup mati hidup

[14:23] ZalPC : oh
[14:23] ZalPC : gejalanya sih masalah power supply
[14:23] ZalPC : sepertinya
[14:24] Kevinarta : Ram nya gak bermasalah min?? Soalnya kemarin sempet cuma kebaca satu keping

[14:24] ZalPC : tapi sempet kebaca dua-duanya?
[14:24] ZalPC : setelah itu
[14:24] Kevinarta : Enggak
[14:25] ZalPC : berarti ada masalah lain
[14:25] ZalPC : udah coba copot keping ram yang diduga bermasalah?
[14:26] Kevinarta : Udah abis itu saya coba bersihkan tapi tetep kebaca satu keping setelah itu saya coba utak atik malah kedip kedip kaya gitu

[14:26] ZalPC : jangan dipasang dulu
[14:26] ZalPC : keping ramnya yang diduga bermasalah
[14:26] ZalPC : copot dulu
[14:27] Kevinarta : Udah saya copot dua duanya saya hidupin pcnya eh tetep kedip2 fannya
[14:27] ZalPC : copot dua-duanya??
[14:28] Kevinarta : Iya
[14:28] ZalPC : RAM harus terpasang mas
[14:28] ZalPC : 😀
[14:28] ZalPC : tanpa RAM, ya sistem ga akan hidup

[14:28] Kevinarta : Bukan gitu min saya mau tes kalo rammnya yang bermasalah pastinya kalo saya lepas kan fan nya hidup gak kedip kedip
[14:29] ZalPC : gini metodenya mas
[14:29] ZalPC : kan ram 2 keping
[14:29] ZalPC : kedetek 1
[14:29] ZalPC : tapi kita gatau yang mana yang kedetek atau ga
[14:29] ZalPC : jadi kita copot satu
[14:29] ZalPC : trus idupin lagi
[14:29] ZalPC : kalo yang itu yg kedetek, ya berarti yang satunya lagi yg diduga bermasalah
[14:30] ZalPC : tapi kalo ternyata ga idup, coba tuker pakai yang satunya lagi

[14:30] Kevinarta : Sekarang setiap saya pasang ram tetep kedip kedip mas walaupun yang saya pasang yang masih kedetek tadinya sekarang malah semua gak kedetek
[14:30] ZalPC : berarti kemungkinan motherboardnya bermasalah
[14:30] ZalPC : satu satunya cara pastikannya, RAM nya masnya dicoba ke PC lain
[14:31] ZalPC : kalo RAM masnya semua bisa di PC lain, berarti motherboard masnya bermasalah
[14:31] Kevinarta : Saya gak ada pc lain min
[14:31] ZalPC : ke rumah teman/pinjem?
[14:31] Kevinarta : Ok

[14:31] ZalPC : bawa ke rumah teman yang ada PC yang pake RAM yang sama (misal DDR4)
[14:31] ZalPC : pasang/coba RAM masnya di PC temen
[14:32] Kevinarta : Kalo seandainya motherboard saya yang bermasalah saran apa min motherboard yang cocok sama ryzen + kualitasnya awet
[14:32] Kevinarta : ??
[14:32] ZalPC : kalo yang “cocok” sama Ryzen ya jelas yang soketnya sama
[14:33] Kevinarta : Maksud saya serinya sama mereknya
[14:33] ZalPC : tadi motherboardnya merk/seri apa?

[14:33] Kevinarta : Asrock a320m hdv
[14:34] ZalPC : prosesornya?
[14:34] ZalPC : tadi chatnya ketutup, jadi chat yang awal hilang
[14:35] ZalPC : yang ada spek nya
[14:36] Kevinarta : Ryzen 5 2400g
Ram 8gb kingston 2×4 2400mhz
Psu xigmatek xkalibre 500watt 80+
Rx 570 4gb red devil

[14:37] ZalPC : kalo masalah seri, kalo mau pakai seri chipset yang sama A320, tapi cari merk lain
[14:37] ZalPC : tapi kalo ada bujet lebih ya ke B450
[14:37] ZalPC : misal gigabyte yang seri A320
[14:38] ZalPC : kalo mau seri sama
[14:38] Kevinarta : Kalo pc saya diemin lama buat ancang ancang beli ram sama mobo baru aman gak min?
[14:38] ZalPC : itu seri chipset mobonya (A320, B350, B450, dll)
[14:38] ZalPC : kalo ga dinyalain ya aman
[14:38] ZalPC : tapi sebelumnya pastikan dulu mobonya yg bermasalah
[14:38] ZalPC : denagn cara pastikan RAM nya nyala
[14:38] ZalPC : coba di PC lain
[14:39] ZalPC : kalo RAM nya nyala, ya berarti ada dua kemungkinan, mobo atau PSU
[14:39] ZalPC : kalo bisa, pas tes RAM, sekalian bawa PSU
[14:39] ZalPC : buat tes di PC lain juga
[14:39] ZalPC : kita disini coba mengeliminasi/mencoba parts yang mana yang ga bermasalah

[14:40] Kevinarta : Siap min saya maunya sekalian upgrade ram, psu, mobo biar kelar masalahnya
[14:43] Kevinarta : Saya kayaknya soalnya pas beli pc itu dulu kemahalan pas saya beli 6jtaan cuma dapet
Asrock a320 m hdv
Ryzen 5 2400g cuma dapet apu doang gak dapet vga
Ram 8 gb kingston standart
Psu abal abal dari alcaroz
Casing tanpa estetika dari alcatroz
Gak dapet ssd cuma dapet hdd 1tb
Maklum min saya newbie pas itu

[14:43] ZalPC : oh
[14:43] ZalPC : iya 6 juta itu mahal
[14:43] ZalPC : kalo saya itung, itu harusnya sekitar 5 juta
[14:44] Kevinarta : Iya min pas itu saya cuma liat dari procie nya doang maklum masih gak tau tapi sekarang malah nyesek kena jebakan toko

[14:45] ZalPC : https://www.enterkomputer.com/simulasi.php
[14:45] ZalPC : coba itu buat patokan harga
[14:45] ZalPC : itu harga toko di Jakarta sih
[14:45] ZalPC : kalo di Surabaya gatau jadi berapa

[14:46] Kevinarta : Saya dulu beli pcnya pas masih tinggal di bali min padahal tokonya itu namanya udah cukup terkenal di bali
[14:46] ZalPC : yaudah, yang penting dicoba dulu pastikan RAM dan PSU nya masih bisa apa ga
[14:46] Kevinarta : Ok min
[14:46] ZalPC : ada lagi yang bisa dibantu?