Malware Museum

Virus, worm, trojan, malware, spyware, atau spamware adalah jenis jenis program atau script yang biasanya menginfeksi komputer kita. Setelah komputer kita terinfeksi program-program tersebut, maka efeknya bermacam-macam. Ada yang destruktif seperti merusak file sistem, menghapus dokumen, bahkan membuat komputer menjadi lambat. Adapula yang bersifat mencuri indentitas seperti password akun, history, nomer kartu kredit, dan data-data pribadi lainnya.

Saya menemukan sebuah situs, bagian dari situs archive.org, yang “mengoleksi” malware-malware yang pernah ada pada tahun 1980 dan 1990an. Namanya Malware Museum. Sesuai namanya, situs ini berisi puluhan contoh malware yang pernah eksis di tahun 1980 dan 1990-an. Tentunya pada jaman itu, malware tersebut kebanyakan menginfeksi sistem operasi DOS. Malware-malware tersebut biasanya meninggalkan pesan ketika sebuah komputer terinfeksi.

Tenang saja, malware yang berada di Malware Museum ini sudah tidak merusak, kita bisa melihat contoh pesan ketika sebuah komputer terinfeksi melalui emulator DOS Box yang berada di situs ini, aman kok. Silahkan kunjungi Malware Museum ini untuk menambah pengetahuan Anda, atau sekedar “mencoba” malware-malware tersebut. (https://archive.org/details/malwaremuseum)

Kunjungi Malware Museum disini

Zal_PC

Platform layanan informasi, konsultasi, pembelian, servis dan maintenance komputer.

Leave a Reply