Program Gratis Terpopuler Untuk PC

Ada banyak program dan aplikasi Open Source (terbuka) dan gratis yang bisa Anda pakai pada komputer. Banyak diantara program gratisan tersebut memiliki kemampuan setara, atau lebih baik daripada program dan aplikasi berbayar. Dibawah ini daftar singkat dari program dan aplikasi Open Source gratis yang kami anggap wajib terpasang di komputer Anda. Mari kita simak!

Office Suite

Ketika kita mendengar kata office, yang pertama kali terlintas di kepala kita adalah Microsoft Office. MS. Office sudah menjadi standar utama aplikasi pengolah data. Tetapi bagi Anda yang tidak ingin merogoh kocek untuk membeli lisensi MS. Office, Anda bisa mencoba beberapa aplikasi office gratis dan mempunyai fungsi sama seperti MS. Office.

Office: Libre Office, WPS Office

Libre Office
WPS Office

Untuk kemampuan, aplikasi Office gratis diatas tidak kalah dengan MS. Office, bahkan bisa dibilang setara. Cek Review WPS Office kami disini.

Antivirus dan antimalware

Salah satu program wajib bagi pengguna komputer. Ada banyak pilihan antivirus dan antimalware gratis diluar sana. Tentunya tidak sedikit yang menyediakan pilihan paid-upgrade dan lisensi berbayar. Tapi setidaknya pilihan antivirus gratis banyak yang berkemampuan sama baiknya dengan yang berbayar. Dibawah ini adalah rekomendasi saya,

Antivirus: Avast, AVG, atau Microsoft Security Essentials (Windows Defender)

Antimalware dan perlindungan Spyware: Malwarebytes

AVG Antivirus

Solusi Pencadangan data/Data Backup 

Untuk urusan pencadangan data atau backup data, kini tersedia banyak program layanan. Solusi backup data saat ini sudah ditunjang dengan cloud server. Data Anda akan aman disimpan dalam server awan. Juga biasanya layanan backup data sudah terintegrasi dan mendukung sinkronisasi antar perangkat, yang berarti Anda bisa mencadangkan data dari dan ke lebih dari satu perangkat.

Layanan backup data ini bervariasi dari mulai kapasitas, fitur, dan media layanan. Namun beberapa nama besar seperti Google Drive dan Microsoft OneDrive tetap menjadi pilihan utama bagi pengguna personal (pribadi)

Google Drive: menyediakan kapasitas 15 GB untuk personal
OneDrive: menyediakan kapasitas 5 GB untuk basic personal plan
layanan lain: Dropbox atau Mozy

Google Drive

Browser

Bicara soal browser, tentu tidak lepas dari nama-nama besar seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge (Internet Explorer), Opera, atau Safari. Ya semua browser diatas gratis, dengan pengecualian Microsoft Edge dan Safari yang sudah terpasang ketika Anda menginstal sistem operasi (Edge pada Windows, Safari pada MacOS)

From: Google.com

Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera adalah nama besar untuk keperluan internet browser

Program Kompresi/Compression utility (Zip, RAR, dsb)

Ketika mengunduh file dari Internet, baik berupa program, file data, ataupun email, pernahkah Anda menemukan file ber-ekstensi .zip, .rar, atau .7z?. Jenis file tersebut adalah file yang sudah dikompres untuk mengurangi besar file agar mudah dikirim atau dibagikan lewat internet atau media lain.

File-file diatas dapat dibuka dengan program kompresi dibawah ini.

File compression tool: 7Zip, Winrar, Zipware

Mail client

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu mail client, bisa mengunjungi artikel ini.

Secara umum, mail client adalah program untuk menerima dan mengirim email. Jika Anda menggunakan Microsoft Office, maka mail client Microsoft Outlook biasanya sudah terinstall pada bundling Office. Tapi jika Anda menggunakan aplikasi pengolah data selain MS. Office, maka kami rekomendasikan Mozilla Thunderbird untuk mail client.

Mail client: Mozilla Thunderbird

FTP, SFTP, dan SSH Utility

Untuk pengguna yang mempunyai halaman web atau website, tentu tidak asing dengan program FTP client dan SSH client. Untuk yang satu ini, rajanya adalah Filezilla dan Putty. Keduanya menyediakan program gratis tanpa biaya sepeserpun.

FTP client : Filezilla
SSH client: Putty

Penyunting dan Pengolah Gambar

Biasanya, untuk bagian ini yang terlintas di kepala kita adalah Adobe Photoshop. Tetapi Photoshop adalah program yang berbayar, dan mungkin untuk pengguna personal harus merogoh kocek dalam untuk membelinya. Tetapi jangan kuatir, ada program penyunting dan pengolah gambar gratis yang bisa Anda pakai.

Rekomendasi: GIMP, Paint.net

Multimedia Player

Untuk urusan multimedia, tersedia banyak sekali pilihan program gratis untuk dipakai.

Pemutar audio/video: VLC Player, K-lite Mega Codec
Penyunting Audio: Audacity

VLC Player

Cleaner

Program cleaner adalah program khusus untuk membersihkan Windows dari sisa-sisa file, atau file sampah (junk files). Junk files dapat membuat performa sistem operasi Anda menurun. Tidak hanya junk files, program cleaner juga bisa membersihkan cache dan cookies browser, mengatur start-up program agak tidak membebani performa komputer saat booting, dan lain-lain.

Rekomendasi cleaner:  CCleaner

Versi gratis CCleaner mempunyai fitur yang cukup untuk membersihkan junk files, dan membuat performa Windows optimal.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat!

Nama Penulis: Nurul Hadiyati

(edited by: Redaksi ZalPC)

Nurul Hadiyati

Im an articles writer. 23 Tahun, Mahasiswi Jurusan Sastra Inggris, domisili Bandung