Rencana membuat app Android ZalPC

ZalPC sudah eksis dari tahun 2015 sampai sekarang. Dengan setia saya selalu membuka jasa konsultasi seputar masalah komputer bagi yang membutuhkan.

Beberapa media konsutasi pun saya coba hadirkan. Mulai dari Live Chat, Forum, sampai chat Whatsapp dan Telegram yang sudah ditutup. Saat tulisan ini dibuat, media konsultasi yang aktif hanya Live Chat dan Forum.

Saya selalu ingin menambah engagement ZalPC dengan pengunjung. Live Chat saya hanya bisa online saat hari kerja dan jam kerja. Forum… yah, saya paham beberapa pengguna enggan repot register dan login forum.

Beberapa bulan lalu, sempat terpikir oleh saya untuk membuat aplikasi mobile app khusus chat ZalPC. Karena faktanya, media konsultasi chat masih disukai pengunjung. Alasan saya menutup Chat Whatsapp karena nomor telepon yang ter-ekspos ke dunia luar, masuklah spam dan lain-lain.

Chat Telegram sebenernya menjadi alternatif, karena Telegram tidak perlu mengekspos nomor telepon. Tapi Telegram masih belum umum dipakai oleh pengguna.

Kembali lagi soal mobile apps ZalPC, ya, cita-cita saya membuat mobile apps (minimal app untuk Android) yang dapat digunakan untuk Live Chat, dan untuk membuka web ZalPC tentunya.

Tapi membuat aplikasi seperti itu bukan bidang saya, saya coba belajar, tapi ditengah kesibukan dan kegiatan saya, susah sekali menyempatkan waktu belajar. Saya juga sudah coba bertanya berapa biaya membuat aplikasi Android, ternyata mahal sekali ya!

Akhirnya aplikasi mobile ZalPC masih menjadi whislist saya. Semoga ada kesempatan dan sumber daya untuk mewujudkan itu di masa yang datang. Juga misalkan ada orang yang bisa membuat aplikasi itu, tentunya dengan harga “miring” atau bentuk kerjasama lain (misal dipasang iklan, dll) silahkan hubungi saya. Dengan senang hati dan terbuka kita bicarakan.

Sekian dulu,

Zal


Zal PC

ZalPC Administrator 

Leave a Reply