Close

03/07/2018

Review WhatsApp Business

Jumpa lagi, kali ini saya akan sedikit memperkenalkan dan membahas apa itu WhatsApp Business. Pada bulan September 2017 lalu, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business, sebuah platform chat yang ditujukan khusus untuk pebisnis, UKM, atau institusi yang membutuhkan jalur komunikasi “resmi” lainnya.

Saya sendiri baru mencoba WhatsApp Business ini pada awal Juni 2018 lalu, setelah browsing dan mencari solusi bagaimana dalam satu perangkat saya bisa mengaktifkan 2 akun WhatsApp, satu akun untuk pribadi, satu akun lagi untuk jalur konsultasi situs ini.

Oke, tanpa perlu basa basi lagi, kita coba tengok WhatsApp Business (selanjutnya kita sebut saja WA Business) Pada saat tulisan ini dibuat, WA Business ini baru tersedia pada platform Play Store Android, belum ada di Apple Store. Mungkin kedepannya akan tersedia di platform iOS, tunggu saja.

Cari WhatsApp Business di Google Playstore

Perbedaan pertama yang terlihat antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa adalah logonya. Logo WA Business adalah bulat bubble-chat khas WhatsApp dengan huruf “B” didalamnya, sementara Whatsapp biasa, seperti kita tahu, logonya bergambar gagang telepon.

Perbedaan lain tentunya soal fitur. Beberapa fitur WA Business adalah Greeting message, Away Message, Quick Replies, Labels dan profile bisnis kita seperti lokasi, jam kerja, alamat email, dan alamat website. Sangat membantu jika kita punya nomer khusus untuk bisnis/UKM/perusahaan/Wirausaha.

Sebelum Anda mencoba WA Business, pertama-tama harus menyiapkan nomer telepon mana yang akan Anda gunakan untuk bisnis Anda. Nomer telepon itu boleh nomer baru, atau nomer lama yang sudah ada WhatsApp-nya. Tapi ingat, jika Anda menggunakan nomer lama atau nomer pribadi Anda, nomer ini akan di-convert menjadi nomer WhatsApp Business, dan data chat Anda sebelumnya akan hilang.

Juga diingat, dalam satu perangkat Android, bisa dipasang WhatsApp biasa dan WhatsApp Business secara bersaaman. Jadi kabar baik untuk pengguna 2 nomer dalam 1 perangkat. kedua nomer tersebut bisa aktif WhatsApp. Satu nomer untuk pribadi, satu nomer untuk WA Business.

Anda bisa menginstall WhatsApp dan WhatsApp Business secara bersamaan dalam satu perangkat Android. Jangan tanya kenapa saya juga menggunakan Telegram dan Telegram X secara bersamaan.. 😀

Setelah Anda unduh dan install WA Business di perangat Anda, Anda akan dibawa pada jendela arahan seperti WhatsApp biasa, tapi dengan beberapa tambahan pada akhirnya. Anda akan diminta menulis nama bisnis Anda. Terakhir saya coba, nama bisnis ini memang gampang-gampang susah. Nama bisnis tidak boleh ada karakter, dan tidak boleh ada istilah umum. Silahkan coba saja masukan nama bisnis Anda sampai WA Business menerimanya.

pengaturan menu

 

Jendela Setting WA Business

Setting awal letak menu seperti WhatsApp biasa, namun ada beberapa menu lain di WA Business, terutama menu Business Setting. masuk menu Profile, Anda bisa setting lokasi bisnis Anda, kategori bisnis, deskripsi bisnis, jam kerja, alamat email, dan situs web.

menu Business Setting

Selain itu, menurut saya ada yang lebih menarik, yaitu fitur Greeting, Away, dan Quick message. Fitur ini sangat berguna untuk menyapa pelanggan Anda, atau memberitahu jika Anda sudah offline jika ada pelanggan chat diluar jam kerja.

Business settings

Greeting Message

Uniknya, baik Greeting dan Away message ini bisa Anda setting aktif untuk semua nomer yang chat, atau aktif untuk nomer diluar phonebook. Pilih Recipients Anda. Jadi, misal Anda setting Greeting untuk nomer diluar phonebook, maka teman Anda tidak akan mendapat Greeting message ini, karena sudah ada di phonebook Anda.

Away message

Begitu juga dengan Away Message, bisa di-set aktif jika ada chat diluar jam kerja yang sudah kita tetapkan di profile bisnis Anda.

Quick Replies

Quick Replies dapat di-edit atau ditambahkan. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengetik command quick replies yang sudah kita set pada chat. Contoh jika saya mengetik command /terimakasih lalu enter pada akhir sesi chat konsultasi, maka otomatis muncul balasan ucapan terima kasih. Berguna sekali untuk membuat respon/balasan yang sering dipakai, misal respon template order online shop Anda (nama, alamat, no telepon, jumlah pesanan, dsb)

Selain itu, juga ada fitur Label untuk memberi tanda/label pada pelanggan Anda, misal pelanggan A sudah membayar pesanan, pelanggan B barangnya sudah sampai, dsb. Fitur label ini bisa diakses dengan tap dan tahan salah satu chat, lalu klik logo label.

Label chat

edit/tambah/hapus label

Silahkan Anda setting sesuai kebutuhan bisnis Anda.

 

Kesimpulan, WhatsApp Business sangat membantu sekali untuk Anda yang mempunyai usaha Online Shop/jasa/wirausaha/perusahaan/ atau apapun yang membutuhkan jalur chat WhatsApp resmi. Tentu daripada menggunakan WhatsApp biasa, WA Business ini lebih terlihat “resmi” dan mewakili bisnis Anda.

Selamat mencoba!

Terima kasih,

ZalPC

Just a computer tech and cryptocurrencies enthusiast

Forum tanya Jawab ZalPC ke https://forum.zalpc.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 7 =