Review WPS Office

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata “Office” dalam hubungannya dengan komputer? Tentunya hal yang pertama kali melintas dalam pikiran kita adalah Microsoft Office.

Sejak diluncurkan pada tahun 1983, Microsoft Office memang sudah menjadi standar utama aplikasi pengolah data. Microsoft Office adalah aplikasi berbayar dan berlisensi, yang berarti pengguna harus membayar untuk mendapatkan lisensi aplikasinya.

Ada banyak alternatif aplikasi office selain Microsoft Office, terutama yang tidak berbayar alias gratis. Pengguna Linux pasti sudah kenal dengan Libre Office. Aplikasi office ini gratis dan open source, juga support berbagai platform Operating System seperti Linux, Windows, dan MacOS.

Salah satu alternatif aplikasi office (dan yang akan dibahas di tulisan ini) adalah WPS Office. WPS Office ini gratis untuk diunduh, diinstal dan digunakan, mempunyai fitur premium jika kita memilih untuk membeli fiturnya. Tetapi versi gratisnya 100% bisa digunakan (masuk dalam kategori aplikasi freemium)

beranda situs web WPS Office

Unduh WPS Office dari situs resminya, lalu install.

Seperti namanya, WPS, aplikasi ini menyediakan 3 aplikasi office utama, yaitu, Word, Spreadsheet, dan Presentation. Kesemuanya kompatibel dengan format data dari Microsoft Office: doc/docx untuk Word, xls/xlsx untuk Spreadsheet (MS. Excel), dan ppt/pptx untuk Presentation (MS. Powerpoint). Jadi format dokumen dari Microsoft Office, dapat dibuka, diolah, diedit, di WPS ini seperti biasa.

format data yang di-support WPS
membuka file docx di WPS Writer
WPS Writer
WPS Spreadsheet
WPS Presentation

Tampilan dan interfacenya sangat mirip dengan MS. Office, jadi pengguna yang sudah terbiasa dengan MS. Office tidak akan kesulitan untuk menggunakan WPS Office.

Salah satu keunggulan WPS Office adalah WPS Cloud, yaitu layanan penyimpanan dokumen di cloud storage (Free 1 GB). Ketika kita sign up dan login menggunakan WPS Cloud, semua data yang disimpan akan sinkron ke perangkat yang menggunakan WPS Office/WPS Cloud. Sangat memudahkan jika Anda menggunakan WPS Office di lebih dari satu perangkat.

terdapat fitur sign in dengan Google, Facebook, Twitter, atau Dropbox

Saya memilih sign in menggunakan akun Google. Karena di Android saya WPS Office juga sign in menggunakan akun Google.

cloud dokumen saya
Sinkron dengan WPS Office di Android saya

Salah satu fitur lain WPS juga bisa membuka file PDF secara native, tanpa perlu aplikasi tambahan. Jadi dalam satu paket WPS, Anda mendapatkan aplikasi office Word, Presentation, Spreadsheet, dan PDF reader. Sangat praktis!

Ukuran installernya juga tidak terlalu besar. Installernya hanya 80 MB, bandingkan dengan Libre Office yang installernya bisa mencapai hampir 300 MB!

Jadi untuk pengguna yang butuh aplikasi office cepat, ringan, dan mudah, WPS Office ini bisa dipertimbangkan.

Pros

  • Ringan, file installer kecil hanya 80 MB.
  • Perfoma baik, bahkan di tablet atau smartphone yang spesifikasinya tergolong rendah.
  • Tampilan jelas, clean, dan layout modern.
  • Free WPS Cloud storage 1 GB.
  • Support multi-platform, Windows, Linux, Android, iOS

Cons

  • Terdapat iklan pada perangkat Android (tidak sering, tapi sesekali) Pada perangkat Windows saya tidak menemukan iklan.

Kesimpulan

WPS Office cocok untuk Anda yang mencari alternatif aplikasi office gratis. Jika Anda seorang pelajar, mahasiswa, UKM bisnis online, wirausahawan, atau SOHO (Small Office Home Office) yang membutuhkan aplikasi office gratis dan ringkas untuk sekedar membuat, tugas, dokumen laporan, tabel, atau presentasi ringan, maka WPS cocok untuk Anda. Recommended!

Zal.

Zal_PC

Platform layanan konsultasi, pembelian, servis dan maintenance komputer.

zalpcinfo@gmail.com