Close

16/07/2018

RSI (Relative Strength Index)

Kepala Desa

Relative Strength Index atau disingkat RSI adalah indikator untuk mengukur kekuatan buy dan sell.

Indikator RSI biasanya berupa garis yang mengikuti pergerakan chart. Pada sisi kanan terdapat angka index, biasanya berurutan dari tinggi ke rendah (70, 50, 25) atau bisa juga dari 100 sampai ke 20.

Angka itu yang dinamakan Relative Strenght Index, atau indeks kekuatan relatif. Angka ini mengindikasikan kekuatan buy dan sell dalam suatu pergerakan pasar.

  1. Jika garis RSI berada diatas atau sekitar angka 70/75/80 pada index, maka bisa dikatakan pasar mengalami OVERBOUGHT (sedang naik), dan pergerakan akan segera koreksi ke harga yang wajar
  2. Jika garis RSI berada dibawah atau sekitar angka 30/25/20 pada index, maka bisa dikatakan pasar mengalami OVERSOLD (sedang turun), dan pergerakan akan segera koreksi ke harga yang wajar

Contoh diatas, garis biru adalah indikasi bahwa kekuatan sell sangat besar (OVERSOLD) sehingga harga bergerak turun. Sedangkan garis hijau adalah indikasi kekuatan buyer yang besar, sehingga terjadi OVERBOUGHT (juga dikuatkan dengan candle yang menembus boollinger atas (http://telegra.ph/Bollinger-Band-02-19)

RSI bisa digunakan untuk indikasi buy and sell. Misalkan RSI sudah OVERBOUGHT, maka bisa digunakan untuk aksi sell. Sebaliknya ketika RSI dalam kondisi OVERSOLD, maka bisa digunakan untuk aksi buy. Akan tetapi RSI tidak mampu menentukan rate harga resist dan support secara keseluruhan dari trend yang terjadi suatu coin.

Juga RSI harus dipadukan dengan pembacaan indikator dan tool lain semisal fibo, MACD, atau bollinger untuk bisa lebih akurat. Karena RSI hanya bersifat indikator penguatan argumen/kepastian saja. Maksudnya, misalkan kita membaca pergerakan sudah naik di indikator lain, maka dipastikan oleh RSI yang juga naik (OVERBOUGHT)

Diskusi Cryptocurrencies, trading, mining, faucet, ICO, token, bounty. All about Crypto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =