SSL Certificate Gratis

Apa itu SSL?

SSL atau Secure Sockets Layer adalah protokol enkripsi yang digunakan antara Server dan Client, biasanya sebuah web server dan web browser client, atau antara mail server dan mail client.

Enkripsi ini memungkinan komunikasi yang aman antara Server dan Client untuk data-data sensitif seperti data akun, password, data pembelian, nomor kartu kredit, dan data penting lain.

Pada sebuah website non-SSL, data yang dikirim dari Server ke Client (atau sebaliknya) berupa plain text. Data plain text ini sangat rawan dari serangan man-in-the-middle, atau serangan interupsi data dan penyadapan. Pihak yang tidak bertanggungjawab dapat dengan mudah mengintip data-data yang dikirimkan dari sebuah website ke server.

Protokol SSL mencegah hal itu terjadi dengan meng-ekripsi semua traffic data antara Server dan Client.

Bagaimana kita mengetahui sebuah website ter-enkripsi oleh SSL atau tidak? kita bisa melihat dari icon gembok pada web browser saat kita membuka sebuah website. Jika ada icon gembok, atau gembok berwarna hijau, maka lintasan data kita dari/ke Server ter-enkripsi oleh SSL.

Ciri khas lainnya, website akan beralamatkan https://…. yang berarti website tersebut ter-enkripsi oleh SSL.

Jika sebuah website tidak ter-enkripsi SSL, maka alamatnya masih http://… dan biasanya pada browser tidak ada icon gembok, atau bertuliskan “tidak aman” (“not secure“)

Sebagai catatan, enkripsi SSL ini hanya menjamin lintasan (traffic) data kita aman ter-enkripsi, BUKAN menjamin website tersebut “aman” untuk dijelajahi atau tidak.

Karena faktanya, banyak juga website yang tidak aman untuk dijelajahi sudah menggunakan SSL. Dan banyak juga website aman dan legitimate yang tidak menggunakan SSL.

Jadi tetap waspada dalam menjelajah internet.

SSL biasanya digunakan untuk website yang mengandung traffic data sensitif, seperti website e-commerce atau perbankan yang terdapat traffic data akun user beserta data sensitif lain seperti password, nomor credit-card, dsb. Selain itu juga SSL terdapat pada website lain seperti web forum, marketplace, company website, atau website lain.

Penggunaan SSL tidak terbatas pada website tersebut diatas, blog, landing page, atau website lainnya pun dapat menggunakan SSL. Faktanya, mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing suka dengan website yang sudah menggunakan SSL.

Bagaimana cara mendapatkan SSL?

SSL Certificates dapat didapatkan dengan membeli langsung pada layanan penerbit (issuer) SSL seperti Comodo, Digicert, Verisign, atau bisa juga membeli melalui pihak hosting.

Selain itu, ada beberapa penerbit (issuer) yang menyediakan SSL Certificates secara cuma-cuma alias gratis. Salah satunya adalah Let’s Encrypt. Kita bisa mendapatkan SLL Certificates dari Let’s Encrypt secara gratis melalui situs SSL For Free.

Bagaimana cara memasang SSL pada website?

Sebelum kita memasang SSL, ada beberapa hal yang harus diketahui:

Pemasangan SSL akan lebih baik ketika awal kita membuat website. atau SEBELUM menginstall script website (script CMS seperti Wordpress, Drupal, Joomla, dsb.)

Website yang sudah berjalan bisa saja dipasang SSL, tetapi akan ada proses panjang memindahkan seluruh link website ke https. Karena SSL menggunakan header https dan port 443, sementara website non-SSL menggunakan header http dan port 80.

Walaupun ada banyak cara untuk memindahkan konten website dari http ke https, tetapi semua butuh proses tambahan. Silahkan pertimbangkan hal ini terlebih dahulu sebelum Anda migrasi ke https.

OK, kita asumsikan Anda akan memulai membuat website baru. Anda sudah membeli domain dan hosting (atau punya akses ke hosting), lalu ingin memasang SSL pada website. Ikuti langkah berikut:

  1. Buat akun FTP (File Transfer Protocol) untuk akses hosting website yang akan dipasang SSL. Jika sudah punya akun FTP, lanjut ke langkah selanjutnya.
  2. Kunjungi website SSL For Free, dan daftarkan website Anda, lalu klik “Create Free SSL Certificate”
  3. Pilih “Automatic FTP Verification”
  4. Isi akun FTP, lalu klik “Download Free SSL”
  5. Setelah Certificate Successfully Generated, scroll kebawah, temukan tombol “Download All SSL Certificate”, klik dan untuk paket SSL Certificates Anda (file 3, terdiri dari 3 file: ca_bundle.crt, certificate.crt, dan private.key). Simpan itu PENTING
  6. Scroll keatas sedikit untuk Create Account pada website SSL For Free (PENTING)
Step 2; daftarkan situs anda, dan klik Create Free SSL Certificate
Step 3: pilih Automatic FTP Verification
Step 4; isi akun FTP, lalu klik Download Free SSL Certificate
Step 5; temukan tombol Download All SSL Certificate Files, dan unduh sertifikat SSL
Step 6; buat akun untuk mempermudah perpanjangan SSL Certificate

Perlu diingat, sertifikat SSL ini valid selama 3 bulan. Jadi per-3 bulan Anda harus memperpanjang kembali SSL Certificate di situs SSL For Free (WAJIB membuat akun di SSL For Free).

Caranya, login ke situs SSL For Free, masuk ke bagian Certificates, dan klik Renew untuk mengulang step dari nomor 4 dan 5.

klik renew untuk memperpanjang certificate

Sampai disini Anda sudah mendapatkan SSL Certificate untuk website Anda. Saatnya memasang sertifikat tersebut ke dalam hosting website.

Tutorial memasang SSL Certificate pada hosting Parallels Plesk.

Sekian dan terima kasih

Zal

Zal_PC

Platform layanan konsultasi, pembelian, servis dan maintenance komputer.

zalpcinfo@gmail.com