Close

28/02/2016

Tips Memilih Hosting

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk memilih hosting. Web hosting adalah tempat dimana kita menyimpan file-file sebuah website. Web hosting terdiri dari beberapa jenis. Ada Shared Hosting, Virtual Private Server atau VPS, dan Dedicated Server. Untuk penjelasan dan perbedaan dari ketiga jenis hosting tadi akan dibahas lain waktu.

Sekarang saya akan memberikan tips untuk memilih Shared Hosting. Shared Hosting atau selanjutnya kita sebut saja hosting adalah jenis web hosting dimana kita berbagi sumber daya server (resources) seperti ruang harddisk, prosesor, RAM, dan bandwidth dengan pengguna hosting lain dalam sebuah server. Shared Hosting adalah pilihan paling ekonomis untuk membuat website atau blog pemula dengan pengunjung atau traffic kecil sampai menengah. Penyedia Shared Hosting biasanya menawarkan paket dan harga yang beragam. Tentunya kita harus sesuaikan dengan kebutuhan website yang akan dibuat.

Tentukan website apa yang akan dibuat, apakah sekedar blog pribadi, portofolio, sebuah media, portal, atau online shop (e-commerce). Karena setiap jenis website mempunyai kebutuhan masing masing untuk soal ruang penyimpanan (space) dan traffic pengunjung (berkaitan dengan bandwidth).

Yang pertama adalah space penyimpanan. Sebuah website atau blog pribadi tentu tidak terlalu membutuhkan banyak space, dibandingkan dengan portal berita atau online shop. Banyak penyedia hosting yang menawarkan paket ekonomis dengan space dibawah 500 MB untuk blog pribadi, portofolio, atau sekedar belajar membuat website. Untuk website portal berita, online shop, atau website yang kontennya cukup banyak, terutama konten gambar, Saya menyarankan minimal space hosting 1 GB. Itupun jumlah minimal, setidaknya untuk start awal. Kedepannya, jika website Anda sudah berkembang, ketika space 1 GB dirasa kurang cukup, Anda bisa meminta upgrade space atau ganti paket dengan space yang lebih besar pada penyedia hosting.

Gambaran kasar untuk menentukan berapa kapasitas paket hosting yang akan diambil:
– Personal Blog dan portofolio: bisa dibawah 500 MB, rekomendasi 500 MB minimal
– Portal berita, online shop, atau user generated content (seperti web-forum): Minimal 1 GB, lebih besar lebih baik.

Kedua, soal kuota bandwidth. Beberapa penyedia hosting masih membatasi berapa bandwidth yang bisa dipakai tiap bulan. Saran saya, soal bandwidth carilah penyedia hosting yang menyediakan paket unlimited bandwidth. Karena bandwidth adalah “investasi” jangka panjang website Anda. Siapa yang tahu, mungkin saja website Anda akan kebanjiran pengunjung dalam beberapa bulan kedepan.

Tapi jika satu dan lain hal Anda harus memilih penyedia hosting yang masih menerapkan pembatasan kuota bandwidth perbulan (mungkin karena budget yang mepet, atau rekomendasi teman dsb.) Hitung dan prediksikan dulu berapa banyak pengunjung yang akan membuka website Anda. Sekedar gambaran, personal blog dan portofolio mungkin jumlah pengunjungnya tidak akan sebanyak portal berita, online shop, atau web forum. Sekitar 10 GB sampai 50 GB kuota bandwidth perbulan mungkin cukup. Tetapi yang perlu diingat, jumlah pengunjung website itu sangat relatif dan ditentukan oleh banyak faktor seperti konten, daya tarik, SEO, dan sejauh mana Anda mempromosikan website tersebut. Bukan tidak mungkin personal blog Anda akan ramai pengunjung jika tulisan-tulisan Anda bagus dan menarik minat banyak orang. Semua itu relatif, jadi sekali lagi, pilihan yang aman dan logis untuk memilih penyedia hosting dengan unlimited bandwidth.

Masih berkaitan dengan pengunjung website, beberapa penyedia hosting menawarkan server lokal IIX (Indonesia) dan server luar negeri (US atau Singapura). Jika target pengunjung website Anda berada di Indonesia, lebih baik memilih server lokal, karena pengunjung yang berada di Indonesia akan lebih cepat mengkses website yang berada di server Indonesia ketimbang berada di server luar negeri. Tapi jika target pengujung website Anda adalah pengujung internasional dari berbagai negara, maka lebih baik memilih server yang berada di luar negeri (di US misalnya)

Ketiga, adalah fasilitas lain-lain seperti Add-on Domain, Subdomain, Alamat email, Database, dsb. Add-on Domain adalah domain yang bisa Anda tambahkan pada hosting tersebut. Jika Anda berencana membuat beberapa website, Anda bisa menghemat biaya hosting dengan menambahkan domain-domain yang anda daftarkan pada hosting Anda. Untuk itu, carilah penyedia hosting dengan pilihan Add-on Domain sesuai kebutuhan Anda. Begitu juga dengan subdomain. Subdomain adalah “anak domain”, contoh domain utama “www.domainsaya.com”, subdomain adalah “www.subdomain.domainsaya.com”, atau “www.namasaya.domainsaya.com”. Jika Anda berencana membuat banyak subdomain, carilah paket hosting dengan fasilitas subdomain sesuai kebutuhan.

Alamat email dan database juga tidak kalah penting. Ketika anda membeli sebuah domain dan hosting, maka fasilitas tambahan berupa email dengan domain anda tentu wajib Anda dapatkan. Database adalah seberapa banyak Database SQL yang bisa Anda buat. Sebagai gambaran, sebuah website biasanya membutuhkan satu database SQL. Jadi, carilah penyedia hosting dengan paket alamat email dan database yang cukup.

Terakhir, sebelum memilih penyedia hosting, carilah review atau testimonial dari pengguna layanan hosting tersebut. Anda bisa mendapatkan gambaran sejauh mana kualitas pelayanan penyedia hosting tersebut dengan membaca review atau testimonial dari penggunanya. Tidak semua penyedia hosting besar dan terkenal memberikan pelayanan memuaskan, juga tidak semua penyedia hosting kecil memberikan layanan yang buruk. Semua relatif, dan tingkat kepuasan setiap pelanggan dan pengguna berbeda-beda. Jangan takut juga untuk pindah-pindah hosting jika penyedia hosting yang Anda pilih ternyata tidak memberikan layanan yang memuaskan.

Beberapa penyedia hosting Indonesia yang terkenal
Cloudkilat

DewaWeb

Rumah Hosting

Dapur Hosting

Idwebhost

Dracoola

Sekian tulisan ini, semoga bermanfaat, silahkan tulis komentar jika anda mempunyai masukan atau pendapat lain.

Terima kasih!

Just a computer tech and cryptocurrencies enthusiast