Close

16/07/2018

Token, ICO, Airdrop, dan Bounty

Kepala Desa

PENGENALAN DUNIA TOKEN DAN ICO

Token secara definisi berarti perantara atau medium. Dalam dunia Cryptocurrencies, token juga bisa dilihat dari berbagai sisi:

Dari sisi teknis, Token adalah produk yang “menumpang” blockchain atau jaringan sebuah platform.. misal token ETH yang menumpang blockchain ETH, atau token berplatform WAVES

Dari sisi bisnis, token adalah end product yang dibagikan/dijual kepada stakeholder sebagai tanda berpartisipasi dalam ICO/crowdfund/presale/airdrop tersebut.

———————————-

untuk lebih kenal token, kita harus tahu terlebih dahulu tahapan dalam penciptaan sebuah koin cryptocurrencies.

Pertama, developer akan menciptakan sebuah koin baru, lalu tahapannya adalah berikut:

ICO = Initial Coin Offering. ICO adalah tahap dimana koin baru berupa token ditawarkan dan diperkenalkan ke publik. Pada masa ICO ini developer koin akan menggelar berbagai macam cara untuk mengenalkan dan mempromosikan koin/tokennya pada publik, contohnya:

  • Airdrop – gratisan
  • Bounty – mengerjakan tugas/syarat tertentu untuk mendapat imbalan koin/token
  • Bonus refferal – mencari referral sebanyak-banyaknya untuk dapat bonus koin/token
  • Presale – penjualan koin/token sebelum masuk market
  • faucet – gratisan
  • dan sebagainya

ICO ini seperti promosi atau pengenalan produk kepada publik. Token adalah produk koin tersebut ketika masa ICO. Cara mendapatkan token ada banyak, seperti yang dijelaskan diatas. Bisa melalui Airdrop atau gratisan, Bounty atau mengerjakan tugas tertentu (promosi) lewat blog, sosial media, video, dll. dan sebagainya.

Setelah masa ICO selesai, maka developer token tersebut akan berupaya memasukan tokennya di market (listing)

Ketika sebuah token berhasil masuk listing market, maka token tersebut bisa diperdagangkan dan mempunyai nilai. Disitu saat kita menjual token yang kita dapat ke market tempat listing tersebut.

KONSEP UTAMA KITA BERMAIN TOKEN

Token memang tidak selalu bermasa depan bagus. Sebuah Token bisa saja tidak pernah masuk market, sehingga tidak bernilai apa-apa. Malah faktanya, kebanyakan token memang tidak pernah mempunyai masa depan, tidak pernah masuk market. Hanya janji-janji manis developer, dan gimmick-gimmick marketing saja.

Tetapi, kita disini mencari dan mengumpulkan token sebanyak-banyaknya, dengan harapan beberapa token akan masuk market, dan bernilai lumayan, sehingga bisa dijual.

Jadi, kesimpulannya, kita juga harus memilah dan memilih token mana yang akan kita kumpulkan. Juga lihat visi dan misi developernya, whitepapernya, reputasinya, dsb. Kumpulkan token sebanyak banyaknya, lalu diamkan (endapkan) di wallet sampai token tersebut masuk ke market.

Setelah token tersebut masuk ke market dan mempunyai nilai, maka kita bisa langsung mengirim token yang kita punya ke market tersebut, dan menjualnya.

PERSIAPAN UNTUK MENGUMPULKAN TOKEN

Pertama, untuk token yang berplatform ETH, kita WAJIB MEMPUNYAI wallet address ETH yang support ERC20 (Smart Contract)

Kebanyakan token saat ini menggunakan platform ETH, ada juga yang menggunakan platform WAVES.

JANGAN MENGGUNAKAN wallet ETH market, seperti wallet ETH Poloniex, dsb..

buat wallet ETH di https://www.myetherwallet.com/

Ikuti petunjuknya, isi password dan Create New Wallet. Ada akan mendapatkan Keystore. SEGERA DOWNLOAD, BACKUP dan SIMPAN Keystore ini, lalu klik I Understand.

Lalu anda akan mendapatkan Private Key. SEGERA SIMPAN DAN BACKUP Private key ini, dan JANGAN PERNAH memberikan Private Key pada siapapun, misal disuruh enter Private Key wallet oleh website token terntentu. INI KUNCI wallet anda, tidak untuk dibagikan ke pihak manapun.

lalu save your address.

Tahapan selanjutnya adalah membuka (unlock) wallet MEW anda. Pilih “Keystore/JSON file” lalu masukan file Keystore yang anda simpan tadi, dan masukkan password wallet anda.

klik Unlock

Alamat ETH MEW anda ada di lingkaran biru. Simpan alamat itu, dan kita siap untuk berburu token.

Ingat, setiap token yang membutuhkan wallet address ETH/ERC20, silahkan masukkan wallet address ETH dari Myetherwallet atau wallet lain yang support ERC20. JANGAN MASUKKAN wallet ETH market seperti wallet Poloniex, vip, bittrex, dll

Untuk token yang berbasis WAVES, silahkan buat walletnya di https://waveswallet.io/ (wallet online via browser) atau https://wavesplatform.com/ (wallet install di PC)

sekian, jika ada tambahan, nanti saya update.

Diskusi Cryptocurrencies, trading, mining, faucet, ICO, token, bounty. All about Crypto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 10 =