Close

16/07/2018

Trendline

Kepala Desa

Trendline adalah tool atau indikator yang bisa kita gunakan untuk mengenali arah trend. Selain itu, trendline ini juga berfungsi sebagai penentu support dalam kondisi uptrend, dan resistance dalam kondisi downtrend. Trendline juga bisa kita gunakan untuk mencari sinyal sell atau buy.

Trendline sebagai indikator biasanya dipasangkan dengan indikator berjenis oscilator sepert RSI

Sekarang kita akan mengaplikasikan Trendline untuk mencari sinyal BUY dan SELL

Untuk menggunakan Trendline, pertama kita harus melihat titik-titik low atau high pada candle.

  • Untuk UPTREND, kita menarik dan menghubungkan Trendline pada titik low
  • Untuk DOWNTREND, kita menarik dan menghubungkan Trendline pada titik high

UPTREND

Perhatikan contoh chart diatas, tentu kita dapat menyimpulkan pergerakan chart tersebut dalam kondisi UPTREND. Sekarang coba kita aplikasikan Trendline pada chart diatas. Pada saat UPTREND, Trendline diaplikasikan dengan menghubungkan TITIK LOW atau titik BAWAH pada candle

Pada chart diatas, titik LOW dilingkari dengan lingkaran hijau, dihubungkan dengan Trendline (garis hijau). Semakin banyak titik yang bisa terhubung dengan Trendline, maka semakin valid sinyalnya.

Disinilah kita bisa mencari sinyal BUY saat UPTREND.

Pada lingkaran biru disitulah sinyal buy saat Trendline UPTREND. Perkiraan pergerakan digambarkan dengan garis panah berwarna hijau.

DOWNTREND

Perhatikan chart diatas. Secara kasar tentu kita sudah paham bahwa pergerakan harga dan trend sedang turun. Sekarang kita aplikasikan Trendline pada chart diatas.

Pada saat DOWNTREN, Trendline diaplikasikan pada TITIK HIGH atau titik ATAS candle. contoh:

Ketika kita menemukan beberapa titik high pada candle, kita tarik garis Trendline, dan hubungkan titik-titik tersebut. Sekali lagi ingat, semakin banyak titik yang terhubung, maka indikasi Trendline semakin valid sinyalnya.

Disinilah kita bisa mencari sinyal SELL saat Downtren. Trendline dipadukan dengan indikator oscilator seperti RSI bisa digunakan untuk mencari sinyal sell. Dimanakan kita mencari sinyal sell?

Perhatikan contoh diatas, perkiraan pergerakan digambarkan dengan panah melengkung kebawah, maka sinyal sell berada sekitar lembah atau lengkungan arah panah yang dilingkari dengan lingkaran biru.

KESIMPULAN:

Seperti halnya tool dan indikator lain, Trendline tidak bisa digunakan sendirian. Padukan trendline dengan tool dan indikator lain semacam Fibo, atau pola gelombang seperti Elliot Waves, maka kita dapat dengan mudah membaca pergerakan dan mencari sinyal BUY dan SELL.

Diskusi Cryptocurrencies, trading, mining, faucet, ICO, token, bounty. All about Crypto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eighteen =